Basboi Berbagi Cerita di Kompasfest 2023

0
252

Acara festival kreatif Kompasfest 2023: Creation akhirnya sampai di hari terakhir pada Minggu (18/06/2023) di Senayan Park, Jakarta. Kompasfest memiliki tujuan untuk menginspirasi para kaum muda untuk dapat mengembangkan kreativitas dan potensi dirinya.

Setelah menghadirkan sederet penampilan menarik dari para pembicara dan musisi ternama di hari pertama. Pembicara di hari terakhir pun tak kalah menariknya membawakan materi yang ingin dibagikan kepada para peserta.

Di sesi conference “Create Locally, Success Globally” menampilkan tiga pembicara inspiratif untuk berbagi pengalaman, ada Co-founder Kerjabilitas Tety Sianipar, Founder Pelita Khatulistiwa Nahla Jovial Nisa, dan Rapper Basboi.

Basboi memperkenalkan dirinya sebelum berbagi pengalaman di hari kedua Kompasfest Minggu (18/8/2023). Foto: Mochamad Riansyah

Dalam kesempatan kali, Baskara Rizqullah yang akrab disapa dengan Basboi yang lahir di Medan, 13 Agustus 1997 merupakan seorang rapper, penyiar, designer, sekaligus lulusan Universitas Padjajaran, Jawa Barat. Basboi datang sebagai salah satu pembicara di sesi conference Kompasfest 2023 dengan mengenakan pakaian berwarna pastel dan aksesoris kalung yang menjadi ciri khasnya.

“Fashion itu adalah satu hal yang rela menderita dan nggak komplain,” ujar Basboi sebagai kalimat pembuka.

Menciptakan lagu

Basboi menceritakan bahwa pengalaman yang dimiliki masih kurang, tetapi dengan segala kekurangannya tidak berhenti sampai disitu saja, bahkan masih terus untuk mencoba dan mengekplorasi lebih dalam.

Ia juga bercerita bagaimana pengalamannya dalam merilis mini album berjudul Fresh Graduate yang bertepatan dengan hari kelulusannya di 2019. Dengan rilisnya album ini, ia menceritakan secara terang-terangan ketakutannya menjadi seorang yang baru lulus. Lagu ini juga memiliki makna tersendiri untuk para mahasiswa semester akhir dalam menghadapi stres, sehingga mereka akan merasa terwakilkan.

Berjalan seiringnya waktu setelah mengeluarkan album Fresh Graduate dan tetap berlanjut dengan rilisnya album Adulting For Dummies yang semakin dikenal banyak orang lain. Album yang dirilisnya merupakan hasil pengalaman Basboi yang dapat mengenal dirinya sendiri.

Berbicara mengenai mengenal dirinya sendiri, terdapat kutipan menarik dari Basboi. Kalimat yang terinspirasi dari perjalanan hidupnya sebagai seorang musisi. “Stoplah jadi beda, jadilah otentik.”

“Buatlah apapun itu yang dapat memuaskan dirimu, kalau membuat sesuatu untuk dirimu tapi masyarakat tidak bisa menerimanya. Bahwa selalu ingat setiap manusia mempunyai deritanya masing-masing,” ujarnya.

Sebelum sesi penutupan, Basboi membawakan beberapa lagu seperti “Night Drive”, “U Da Best”, dan “Bismillah” sebagai penutup sesi konferensi Create Locally, Success Globally acara Kompasfest 2023 hari kedua.

Basboi menyanyikan album yang berjudul “Bismillah” sebagai rangkain penutup sesi conference Create Locally, Success Globally di Kompasfest Minggu (18/8/2023). Foto: Mochamad Riansyah

 

Penulis: Ucy Sugiarti, Volunteer Kompas Muda untuk Kompasfest 2023, Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Fotografer: Mochamad Riansyah, Volunteer Kompas Muda untuk Kompasfest 2023, Mahasiswa Universitas Mercu Buana Jakarta

Aditya Annas Meirianto, Volunteer Kompas Muda untuk Kompasfest 2023, Mahasiswa Dian Nusantara