Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor, Tempat Mencari Ilmu dan “Nugas” yang Nyaman

0
116

Pemerintah Kota Bogor kembali membenahi fasilitas publik di Kota Bogor. Eks Gedung DPRD Bogor direvitalisasi menjadi Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor, yang untuk menambah pengetahuan sekaligus tempat “nugas” (menggarap tugas) baru yang nyaman bagi anak muda. Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor diresmikan pada (17/12/2022) oleh Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto.

Lokasinya yang strategis karena berada di pusat Kota Bogor, tepatnya di Jalan Kapten Muslihat no.21 Kecamatan Bogor Tengah. Dilansir dari akun Instagram @diarpuskotabogor perpustakaan dan galeri dibuka untuk umum setiap hari Senin sampai Jumat pukul 08.00 – 15.30 serta Sabtu dan Minggu pukul 09.00 – 15.00.

Dilansir dari sumber yang sama, pada bulan Februari lalu, rata-rata pengunjung yang datang ke Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor per hari ada 339 orang. Pengunjung yang datang ke tempat itu rata-rata anak sekolah serta mahasiswa dengan kisaran usia 15 – 21 tahun.

Tidak jarang juga ada rombongan anak dari sekolah dasar yang datang bersama gurunya. Perpustakaan itu juga ramah bagi penyandang disabilitas karena tersedia elevator dan ruang baca khusus penyandang disabilitas. Untuk menggunakan fasilitas di tempat itu, pengunjung tidak dipungut biaya sepeser pun.

Menurut website kotabogor.go.id, Perpustakaan Kota Bogor menerima hibah berupa 15 unit komputer dan 2.500 eksemplar buku dari Perpustakaan Nasional. Buku-buku yang tersedia di perpustakaan tersebut tidak hanya buku pelajaran, namun juga berbagai jenis buku bacaan mulai dari buku fiksi, non-fiksi, sejarah, buku masak, sosial, ekonomi, studi literatur, koran, majalah, kamus, dan masih banyak lagi.

Banyak fasilitas

Bagian depan gedung Perpustakaan dan Galeri milik Pemerintah Kota Bogor. Foto : Jihan Ristiana

Gedung perpustakaan itu memiliki tiga lantai dengan satu rooftop. Di lantai satu ketika membuka pintu, pengunjung baru akan disambut oleh pegawai perpustakaan yang ramah. Mereka mengarahkannya untuk mengisi buku tamu.

Setelah itu, di sebelah kanan dari pintu masuk ada sebuah ruangan bernama Ruang Anak. Di sana berisi buku bacaan untuk anak-anak dan tempat membaca yang nyaman yang disesuaikan dengan anak-anak dilengkapi dengan playground.

Tidak jauh dari Ruang Anak, ada loker penyimpanan barang yang dapat digunakan oleh pengunjung. Loker tersebut dilengkapi dengan kunci sehingga barang yang dititipkan akan tetap aman. Adapula toilet yang bersih terawat demi kenyamanan pengunjung. Di lantai satu juga terdapat kulkas yang berisi berbagai macam minuman yang dapat dibeli oleh pengunjung.

Naik ke lantai dua, terdapat jejeran sofa dengan meja kecil yang bisa digunakan untuk bersantai sambil membaca di perpustakaan. Di lantai dua perpustakaan ada ruang mutimedia berisi komputer yang bisa digunakan. Ada pula ruang referensi, ruang karya umum, ruang baca yang menyediakan berbagai jenis buku bacaan serta meja dan kursi yang nyaman. Fasilitas lain yang tersedia, auditorium, toilet, dan mushola.

Pojok Tirto merupakan apresiasi bagi Bapak Pers Indonesia RM Tirto Adhi Soerjo

Khusus di lantai tiga ada galeri yang menampilkan perkembangan dan sejarah Kota Bogor dari masa ke masa yang dapat menambah pengetahuan pengunjung tentang Kota Bogor. Di lantai itu juga ada sebuah tempat kecil bernama “Pojok Tirto” untuk mengapresiasi Bapak Pers Nasional, RM Tirto Adhi Soerjo.

Sedikit keluar di lantai tiga, juga ada taman edukasi. Naik ke lantai empat ada rooftop yang bisa digunakan pengunjung untuk menghirup segarnya udara Kota Bogor dari atas gedung.

Jika berminat untuk mendaftar menjadi anggota, pengunjung bisa melakukannya secara langsung di lantai satu Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor. Dari pintu masuk gedung, tempat pendaftaran keanggotaan ada di sebelah kiri dekat buku tamu. Namun pengunjung juga bisa mendaftar keanggotaan secara online, hanya dengan mengunjungi website https://bogor.perpusnas.go.id/inlislite3/pendaftaran kemudian ikuti instruksi selanjutnya.

Bagi yang ingin meminjam buku dari Perpustakaan Kota Bogor, bisa dilakukan dengan membuat keanggotaan terlebih dahulu. Dan tentu saja, peminjaman buku perpustakaan tidak dipungut biaya.

Respon pengunjung

Adanya perpustakaan dan galeri di Kota Bogor mengundang antusiasme masyarakat terutama Warga Bogor. Kebanyakan dari mereka datang ke perpustakaan untuk mengerjakan tugas, mencari sumber rujukan referensi, membaca, dan berdiskusi. Masyarakat merasa nyaman dengan fasilitas yang disediakan oleh Pemkot Bogor karena perpustakaan ini memiliki suasana yang sejuk, bersih dan nyaman.

Mereka merespon baik terhadap tindakan pemerintah merevitalisasi tempat tersebut, karena menjadi lebih bermanfaat bagi banyak orang. Seperti yang dirasakan oleh salah satu pengunjung perpustakaan.

“Enak sih ngerjain tugas disini, adem banget, dalemnya terus bersih. Nyamanlah pokoknya,” ujar Adela (20 tahun).

Namun untuk menambah kepuasan publik, ada hal yang perlu ditingkatkan lagi di pengurus Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor.

“Paling untuk tempat seperti kursi dan meja aja diperbanyak, karena dari kemarin penuh,” kata Kinaya (19 tahun), mahasiswi Sekolah Vokasi IPB University.

Jihan Ristiana Faza, mahasiswi Program Studi Komunikasi Digital dan Media, Sekolah Vokasi IPB University.