Mahasiswa Indonesia di Jerman Peringati Hari Pahlawan 2021

0
111

Sudah 75 tahun kita memperingati hari Pahlawan di Indonesia, namun tidak banyak yang tahu bagaimana diaspora Indonesia memperingati hari Pahlawan di tempat yang jauh dari Tanah Air. Dalam rangka menyambut hari Pahlawan Indonesia, Perhimpunan Pelajar Indonesia di Jerman (PPI Jerman) mengkover medley lagu-lagu daerah fenomenal “Wonderland Indonesia” karya Alffy Rev feat Novia Bachmid dengan tema “Pahlawan Masa Kini”.

Tema tersebut berawal dari pemikiran dan pemahaman generasi muda Indonesia di Jerman mengenai peran para pahlawan di masa lalu dalam memperjuangkan bangsa Indonesia, khususnya dalam bidang pendidikan dan budaya.

Pahlawan-pahlawan di masa lalu telah berjuang dengan penuh tenaga agar akses pendidikan dapat disebarluaskan kepada seluruh masyarakat melalui pergerakan nasional. Sebelum kemerdekaan, hanya sebagian kecil dari masyarakat Indonesia yang mampu mengenyam pendidikan tinggi. Terlebih lagi yang berkesempatan untuk menempuh di benua Eropa.

Tim produksi dan talent video untuk peringatan hari Pahlawan berfoto dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Berlin, Ardi Marwan, saat produksi video, Sabtu (30/10/2021). Foto : Vembi Noverli (KBRI Berlin).

“Kini, generasi muda Indonesia-lah yang akan meneruskan estafet perjuangan dengan potensi yang kami miliki. Dengan memanfaatkan dan mendayagunakan seluruh potensi yang ada, kami berharap dapat terus menjadi garda terdepan dalam mendukung pembangunan Indonesia,” ujar Rizka Yulvina, Wakil Kepala Departemen Seni dan Budaya PPI Jerman.

Kini, PPI Jerman ingin berkontribusi agar akses pendidikan di Jerman bagi generasi muda Indonesia dapat terus terjangkau dan mereka dapat meraih impiannya.

Dengan semangat hari Pahlawan, para pelajar Indonesia di Jerman membuat karya itu untuk mengajak dan menghimpun semangat generasi muda Indonesia di Jerman dan di seluruh dunia untuk terus mengembangkan kemampuan masing-masing. Juga turut  dalam perjuangan dan pembangunan Indonesia kedepan. Selain itu mereka berharap menjadi perwakilan Tanah Air yang bangga akan budaya dan keberagaman Indonesia.

“Saya berharap melalui video itu, kami dapat menginspirasi teman-teman yang sedang studi di luar negeri untuk terus semangat dan pantang menyerah menuntut ilmu. Dan juga mengenalkan budaya Indonesia ke seluruh dunia,” kata  Reza S. Khasbullah, Ketua PPI Jerman periode 2021/2022.

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dan dukungan penuh dari banyak pihak. Mereka antara lain oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Berlin, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Berlin, Atase Imigrasi KBRI Berlin, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Frankfurt, dan Rumah Budaya Indonesia (RBI) Berlin.

Video itu bisa ditonton di YouTube PPI TV Jerman mulai tanggal 10 November 2021. Informasi lebih lanjut juga bisa di dapatkan lewat akun Instagram PPI Jerman (@ppijerman).

Penulis : Boy Tri Rizky, mahasiswa Georg-August-Universität Göttingen dan Rafif Sulthan Ramadhan, mahasiswa Rheinisch-Westfälische Technische Hochschule Aachen (Keduanya anggota PPI Jerman).