Memulai Langkah Baru Menjadi Keluarga “Kompas Muda”

0
197

Halo Sobat Muda! tidak terasa sudah hampir 2 tahun Kompas Muda tidak menambah keluarga baru. Namun, mulai Sabtu (6/11/2021) ada 40 anak muda  yang siap untuk bergabung bersama keluarga besar Magangers Kompas Muda. Magangers Kompas Muda Batch XII kali ini mengikuti kegiatan magang secara virtual. Meskipun dengan segala keterbatasan yang ada, semua magangers antusias untuk mengikuti penyambutan magangers baru pada Sabtu (6/11/2021) dari rumah masing-masing.

Seperti biasanya, pelaksanaan kegiatan pelatihan jurnalistik ala Kompas ini dibantu oleh teman-teman Magangers batch sebelumnya. Sejak sebulan lalu, Magangers Batch XI yang menamakan diri Soda Gembira sudah melakukan berbagai persiapan. Setiap hari Sabtu mereka berjibaku saling membantu pelaksanaan acara secara hibrida. Ada yang menjadi mentor, seksi acara, seksi dokumentasi dan teknis zoom. Mereka secara bergantian juga akan datang ke Menara Kompas.

Hal baru lainnya adalah peserta mahasiswa yang ikut bergabung dengan Magangers. Tahun ini, Kompas memberikan kesempatan kepada siswa SMA dan mahasiswa dari seluruh Indonesia. Kalau biasanya Magangers hanya diisi keceriaansiswa SMA, kini suasana semakin berwarna dengan kehadiran mahasiswa.

Bagi beberapa orang, mengikuti magang secara daring ini sudah sesuai dengan ekspektasi mereka. “Ya memang sudah terbiasa daring, jadi sudah bisa diprediksi kira-kira akan seperti apa kegiatannya” kata Andrew Benaldo Andikara, mahasiswa Institut Teknologi Bandung yang memilih menjadi reporter di Magangers Batch XII.

Foto Bersama Magangers Batch XII. Foto oleh Kosalla Yuan Mulyadi.

Selain menggunakan perangkat virtual untuk pelaksanaan kegiatan magangnya, magangers batch XII hanya melakukan magang secara intensif pada hari sabtu setiap pekannya. hal ini juga merupakan hal yang baru bagi magangers batch XI sebagai pendamping dalam acara ini. Acara pada hari pertama banyak melibatkan tokoh penting di balik nama Kompas dan Tanoto Foundation sebagai sponsor utama dari kegiatan magangers batch XII ini.

Sambutan hangat diberikan Pemimpin Redaksi Harian Kompas Sutta Dharmasaputra dan  Kepala Desk Budaya Budi Suwarna. Aryanti Savitri, Head of Leadership Development and Scholarship, Tanoto Foundation juga ikut serta memberikan sambutan bagi keluarga baru magangers Kompas Muda. Magangers juga diberi semangat untuk tetap mewartakan hal yang benar sebagai seseorang yang bekerja di industri media massa pada era digital yang dipenuhi kabar hoaks.

Permainan yang Diberikan untuk Mengenal Satu Sama Lain. Foto oleh Dzulfikar Rasyid.

Untuk mempererat tali kekeluargaan yang dibangun oleh Kompas, kegiatan hari pertama ini diadakan team building dengan berbagai permainan kelompok yang menyenangkan. permainan ini betujuan agar mereka mengenal satu sama lain bahkan dengan mentor kelompok mereka dari batch XI.

“Permainannya seru banget, jadi gampang buat melebur sama teman-teman batch XII” kata Rafi Ramadhan, salah satu mentor kelompok Magangers Batch XII.

Hal yang sama juga diucapkan oleh Antonius Alvin, magangers batch XII yang masih bersekolah di SMK Bhakti Anindya. “Pemainannya bikin aku teriak-teriak apalagi pas sesi kuis pakai Kahoot, seru abis” kata Alvin. Tali kekeluargaan Kompas memang harus dipererat mengingat banyak yang mengikuti program Magangers ini untuk mencari relasi.

Berbagai sesi lainnya ikut memberikan pelatihan yang baik untuk menjadi bekal para magangers baru untuk lebih mengenal Harian Kompas. “Aku senang banget pas sesi brandcomm karena memang aku juga berkuliah di jurusan komunikasi dan sesi ini bisa membuatku mengenal seluk beluk Harian Kompas” tutur Ni Wayan Shintya, Mahasiswa semester lima ilmu komunikasi, Universitas Airlangga.

Tentunya masih banyak keseruan lainnya selama mengikuti program Magangers Kompas Muda. Selain mendapat pengalaman, tentunya tali kekeluargaan yang dibangun di Kompas akan sangat berguna bagi para peserta Magangers. Untuk itu, bagi magangers batch XII kami ucapkan selamat bergabung bersama keluarga besar Harian Kompas! Semoga semua bekal yang akan diberikan Kompas Muda selama satu bulan nanti bisa memberi manfaat yang besar.

Magangers Kompas Muda Batch XI Rhaihan Ari memandu pada acara dari Menara Kompas, Sabtu (6/11/2021). Foto : Kemas Muhammad Adri Mahindra

Penulis :

Chrispinus Bimo Pinanditho, mahasiswa Sekolah Tinggi Filsafat Driyakara, Magangers Kompas Muda Batch XI