Mahasiswa Unand Rancang “Teority” untuk Media Belajar Interaktif Siswa SD

0
89

Sistem tubuh manusia merupakan gabungan dari organ-organ  yang ada di dalam tubuh yang memiliki fungsi tertentu. Sistem tubuh manusia tercakup dalam kurikulum 2013 untuk kelas 5 Sekolah Dasar (SD) pada tema kelima. Hasil diskusi dengan guru salah satu sekolah dasar di kota Padang, saat ini para guru mengajar sistem tubuh manusia telah menggunakan media ajar.

Dengan media ajar tersebut, guru dapat menjelaskan secara visual posisi organ tersebut terhadap organ lainnya. Sedangkan untuk fungsi dan cara organ bekerja, guru masih menggunakan teknik verbal tanpa dibantu media ajar yang sesuai. Hal itu karena media ajar yang ada saat ini belum menjawab kebutuhan untuk menjelaskan fungsi dan cara kerja organ tubuh. Oleh karena itu, kami Tim PKM-M Media Ajar Interaktif Berpetualang di Dalam Sistem Tubuh Manusia  Fakultas Teknik Universitas Andalas (FT Unand) merancang sebuah program untuk menjawab kebutuhan tesebut.

Tim ini didanai Belmawa untuk menjalankan PKM-M berbasis virtual guna menghasilkan beberapa luaran yang di implementasikan didalam sebuah video dan  di situs  http://teoritypkmunand.ikonyoa.com/ yang dapat digunakan sebagai media inovasi dari pembelajaran dan pengetahuan mengenai sistem organ. Tim  beranggotakan enam orang, yakni Devianda Ananta Sandri, mahasiswai jurusan teknik elektro, Riko Candra dari jurusan teknik elektro, Robbi Noberlam Dasyura, juga mahasiswa jurusan teknik elektro, Avelia Fairuz, mahasiswa teknik elektro serta Khairunissa Lizikrillah, mahasiswa kedokteran umum. Dan satu mahasiswa lagi, Vinoza Shalsabilla dari teknik elektro.

Tim merancang program bernama Teority. Program Teority dirancang selama satu bulan semenjak bulan agustus lalu. Teoroty merupakan  situs pembelajaran daring yang berisi tiga pokok bahasan, yaitu sistem pencernaan, sistem pernafasan, dan sistem peredaran darah. Ketiga sistem tubuh manusia dikemas dalam bentuk animasi yang dapat disimulasikan secara mandiri oleh siswa.

Program tersebut dilbuat atas kerjasama dengan sekolah dasar (SD) yang berada di Kota Padang, yakni SDN 01 Sawahan yang terletak di Jalan Tan Malaka nomor 5 Kelurahan Sawahan Kecamatan Padang Timur, Sumatera Barat.  Hasil rancangan itu sudah dimplemantisakan kepada siswa kelas 5 SD  sejak bulan September lalu.

Teority dirancang untuk membantu guru menerangkan mata pelajaran sistem organ dalam tubuh manusia supaya siswa dapat melihat secara visual dan rinci proses yang terjadi di dalam organ tubuh. Contoh pembelajarannya  pada materi sistem pernafasan, terdapat tiga tampilan pada situs, yaitu tampilan gambar organ pernafasan, tampilan materi sistem pernafasan, dan tampilan animasi pergerakan dari sistem organ pernafasan.

Dengan menggunakan media tersebut  siswa dapat belajar sekaligus menggambarkan bagaimana proses yang terjadi di dalam masing-masing organ tubuh. Untuk menguji pemahaman siswa terhadap materi yang tersedia, Teority dilengkapi dengan kuis dan permainan. Kuis yang disediakan berupa pertanyaan dengan jawaban singkat. Sedangkan permainan yang disediakan berupa puzzle gambar organ di dalam tubuh manusia dengan sistem seret dan lepas.

Membantu guru

Setelah melakukan implementasi program, salah satu guru kelas 5 SDN 01 Sawahan Nofrianti mengatakan, merasa  terbantu oleh program itu. Apalagi dengan sistem pendidikan daring pada masa pandemi COVID-19 saat ini.  Program para mahasiswa Universitas Andalas tersebut  berpotensi menjadi media ajar tetap pada sekolah tersebut.

Devianda Ananta Sandri, mahasiswa Teknik Elektro Universitas Andalas Padang