Mengembangkan Talenta Lewat Beasiswa Kuliah Kerja Bidang TI

0
136

PT Sentra Vidya Utama (Sevima), perusahaan konsultan dan pengembang teknologi informasi, memberikan beasiswa kuliah sambil bekerja kepada lulusan SMA/SMK yang tertarik pada bidang  TI dan programming. Di masa pandemi ini, beasiswa Semesta (Sevima Mencari Siswa Bertalenta) diberikan kepada tiga siswa lulusan SMA/SMK setelah melalui seleksi yang ketat.

Tiga peraih beasiswa adalah Alfin Ardian (18), lulusan SMK Budi Utomo Jombang, Jawa Timur, Mayang Larasati (18), (lulusan SMKN 2 Singosari, Malang) dan Sabilla Ayu (18), lulusan SMK Telkom Malang. Ketiganya berhasil melewati tahapan tes yang terdiri dari: Seleksi Admisnistrasi, Computer Based Test (CBT), Hackaton, dan interview.

Mereka berhasil mengalahkan sekitar 500-an pendaftar dari seluruh Indonesia. Hadiah beasiswa Semesta yang diberikan yaitu berupa subsidi biaya kuliah di Binus Online Learning sebesar 55 juta rupiah serta kontrak kerja dengan Sevima selama empat tahun.

“Senang sekali ada program beasiswa kuliah kerja seperti SEMESTA. Lulusan SMK jadi punya peluang untuk bisa melanjutkan kuliah. Sebab, kebanyakan program beasiswa memilih siswa yang lulusan SMA,” ujar Mayang, pekan lalu, di Surabaya.

Mayang Larasati, siswa lulusan SMKN 2 Singosari, Malang saat menerima beasiswa Semesta. Foto: ARSIP SEVIMA

Sebelumnya, Alfin dan Sabilla sempat kebingungan karena tak bisa melanjutkan kuliah karena kondisi finansial orangtuanya yang terguncang akibat pandemi. Belum lagi kenyataan, lulusan perguruan tinggi pun tak bisa segera mendapat pekerjaan seiring semakin sempitnya lapangan pekerjaan yang tersedia.

Alfin sempat merasa frustasi pada masa pandemi ini. Sebagai anak sulung dari enam bersaudara, Alfin berencana ingin segera bekerja setelah lulus SMAK, pada Juli lalu. Dia ingin membantu meringankan beban orangtuanya. Alfin tentu tak ingin menambah masalah baru dengan mengambil opsi melanjutkan kuliah.

Begitu pula dengan Sabilla, yang menganggur karena kontrak kerja dengan salah satu perusahaan yang ditandatanganis ebelum pandemi dibatalkan. Kontrak kerja dibatalkan bahkan sebelum Sabilla sempat menjalani masa kerja selepas lulus dari SMK Telkom Malang, Jawa Timur.

Sabilla Ayu saat menerima beasiswa kuliah kerja Semesta. Foto : ARSIP SEVIMA

Adapun program beasiswa Semesta merupakan program pendidikan yang diinisiasi oleh PT Sevima. Meski baru dua tahun diadakan, program ini berhasil memoles lulusan SMA/SMK menjadi lebih profesional, khusunya di bidang TI. Ini pun sekaligus menjadi pelecut semangat bagi para lulusan SMK agar tak takut mengejar cita-cita melanjutkan kuliah.

Sevima yang berdiri sejak tahun 2019, mempunyai perhataian terhadap upaya memajukan pendidikan di Indonesia. Melalui beasiswa kuliah kerja, perusahaan ini ingin menjembatani para siswa bertalenta untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi sekaligus mendapatkan pengalaman kerja. Program ini bisa menjadi batu loncatan bagi mereka untuk menjadi seorang professional yang berkualitas di bidang IT maupun programming. (SUSIE BERINDRA)