Cara Produktif Melalui Media Sosial

0
88

Himpunan Mahasiswa Manajemen (Himma) Universitas Multimedia Nusantara Tangerang, Banten,  setiap tahun menyelenggarakan sebuah acara besar. Tahun ini, HIMMA telah melaksanakan acara yang bernama “The Prime 2020: Pride of Management”. Acara tersebut dibagi menjadi tiga rangkaian acara yaitu Prime Webinar, Prime Competition, dan Prime Fundraising

Salah satu rangkaian acara yang diminati adalah Prime Webinar yang dilaksanakan pada Senin (28/9/2020) dengan tema “Go Viral With TikTok” acara itu sukses diikuti oleh lebih dari 150 peserta. Webinar juga dimeriahkan oleh Aura Nixie yang merupakan salah satu Content Creator TikTok dengan pengikut sebanyak 843 ribu untuk menjadi pembicara.

Aura menceritakan bagaimana TikTok memberikan keuntungan baginya yakni menghasilkan uang. Bermula dari kebosanannya selama berada dirumah karena diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), ia mulai membuat konten di TikTok dan fokus untuk menjadi seorang content creator di TikTok. Kerja kerasnya membuat konten membuahkan hasil. Ia ditawari bekerja sama dengan beberapa produk seperti produk kecantikan. Ia juga ditawari untuk menjadi salah satu bintang tamu di acara televisi. 

Aura Nixie, Narasumber The Prime 2020. (DokPrib Kompas Corner)

Ia memberi saran kepada semua orang yang ingin mendapatkan penghasilan melalui TikTok untuk rajin membuat konten sehingga akan banyak yang melihat konten tersebut dan produk akan tertarik. Namun, Aura juga menambahkan bahwa aspek yang paling penting sebenarnya bukan konten tetapi self branding.

Selain itu, Aura juga memberi tips bagaimana cara video TikTok agar masuk ke For Your Page (FYP). Pertama, konten harus menarik dan out of the box tetapi mendidik dan menghibur sehingga sudah memiliki ciri khas yang akan dikenali masyarakat. Kedua, kamera dan pencahayaan yang digunakan baik sehingga fokus penonton akan tertuju kepada konten tersebut. Ketiga, menjadi diri sendiri, dan yang paling adalah tiga detik pertama, “Ketika tiga detik pertama konten disukai orang, maka mereka akan menonton sampai habis.”

TikTok bukan hanya sebuah platform, melalui Tiktok membuka banyak jalan mulai dari hanya pengguna hingga menghasilkan pendapatan tetap. Aura juga menyampaikan jika ingin terus berkembang, jangan mudah merasa puas.

Penulis : Kompas Corner Universitas Multimedia Nusantara Tangerang // Alethea Pricila Sianturi

Editor : Kompas Corner Universitas Multimedia Nusantara Tangerang // Adonia Bernike Anaya

Foto : Dokumentasi Pribadi Kompas Corner