Melomaniac 6th, Menikmati Konser Musik di Depan Layar Gawai

0
55

Java Festival Production (JFP) adalah perusahaan yang mengadakan dan mengurusi penyelenggaraan acara dan festival. JFP biasanya mengadakan konser musik untuk menghibur masyarakat. Pandemi Covid-19 tidak memungkinan penyelenggaraan konser musik yang mengundang banyak penonton. Oleh karena itu, JFP membuat terobosan konser musik secara virtual agar lebih bisa beradaptasi dengan pandemi Covid-19 ini.

Melomoniac adalah konser musik yang dibuat oleh JFP untuk mengobati rasa rindu masyarakat akan konser musik. Sampai saat ini, Melomoniac sudah digelar untuk keenam kalinya. Melomoniac 6TH digelar secara daring pada hari sabtu, (19/9/2020) pukul 19.30. Masyarakat tidak perlu merogoh kocek saku baju sampai dalam untuk membeli tiket konser ini. Cukup membayar uang pembeli tiket seharga Rp35.000,- , orang-orang bisa menonton artis terkenal bernyanyi dengan suara merdu.

JFP menghadirkan Kiara Riz, Audrey Tapiheru, dan grup band Trisouls pada Melomoniac keenam ini. Mereka mencairkan suasana, terbukti dengan penuhnya kolom live chat dari penonton.  Kiara Riz mengawali acara musik ini dengan menyanyikan lagu light my light ciptaan dirinya sendiri. “Terima kasih banyak Melomoniac, aku senang banget bisa menampilkan karyaku sendiri, menyanyikan laguku sendiri,” katanya setelah lagu light my light selesai dinyanyikan.

Trisouls & Kiara Riz menyanyikan lagu “One Sweet Day” karya Mariah Carey. Foto : Tangkapan Layar Melomoniac 6TH

Selanjutnya, Kiara menyanyikan lagu yang dipopulerkan oleh artis Amerika, Keyshia Cole. Lagu itu berjudul Love. Penonton dibawa ”baper” oleh suara merdu Kiara, ditambah lirik lagu yang mewakili perasaan orang yang patah hati. Kiara tak sendirian, ia mengajak Henry Gaspersz untuk bernyanyi bersama. Mereka berdua mendendangkan lagu Broken Hearted yang dipopulerkan oleh Jeremy Passion dan Tori Kelly. Penonton semakin larut dalam suasana sedih.

Audrey Tapiheru tidak ketinggalan. Kiara memanggilnya untuk bernyanyi bersama. Audrey dan Kiara menyanyikan lagu rilisan tahun 1998, The Boy is Mine yang dipopulerkan dua orang penyanyi Amerika, Brandy dan Monica. Kemudian, Kiara meninggalkan panggung. Kolom live chat terus dipenuhi oleh penonton. Ada yang memberi semangat dan ada juga yang tak sabar mendengar lagu-lagu berikutnya.

Audrey menyanyi seorang diri. Love Saves adalah lagu selanjutnya yang dipilih oleh Audrey untuk bernyanyi. Lagu itu termasuk salah satu lagu yang ada di album musik Resonance yang dipopulerkan oleh grup band Gamaliel, Audrey, Cantika (GAC). Akan tetapi, kini personel GAC sudah berkarier masing-masing, termasuk Audrey. “Lagu ini mengisahkan tentang manusia dan Tuhan. Di dalam hidup pasti ada momen kita mengalami kegagalan. Ketika kita gagal, Tuhan tidak akan meninggalkan kita,” jelas Audrey.

Band EZ Collection yang mengiringi konser ini. Foto : Tangkapan Layar Melomoniac 6TH

Saat ini Audrey sudah menjalani solo karier. Ia berusaha menciptakan dan mempopulerkan lagu miliknya sendiri. Salah satu lagu yang ia ciptakan adalah Daisy. Wanita berdarah Ambon ini merilis lagu Daisy pada September 2019. Ia mengatakan lagu ini menggambarkan dirinya sendiri. Ia tak terusik perkataan orang lain atas dirinya. Lagu tersebut ia nyanyikan pada Melomoniac 6TH.

Grup band Trisouls juga meramaikan Melomoniac 6TH. Pertama-tama, mereka menyanyikan single pertama ciptaan mereka berjudul Cinta Keadaan. “Jadi lagu ini menceritakan tentang laki-laki yang punya pacar, tapi dia suka sama perempuan lain. Jadinya bingung mau pilih yang mana,” kata salah satu personelnya. “Wah, itu sering terjadi tuh,” timpal salah satu personel lagi. Sontak semua larut dalam tawa.

Ketiga bintang tamu menutup konser ini. Foto : Tangkapan Layar Melomoniac 6TH

Kiara Riz dipanggil lagi untuk naik ke atas panggung. Kiara dan tiga anggota Trisouls saling sapa dan berkenalan satu sama lain. Penonton tidak sabar menunggu duet mereka berempat. Tak disangka, mereka membawakan lagu terkenal, yaitu One Sweet Day karya Mariah Carey. Antusiasme penonton makin ramai di kolom live chat. Mereka seakan terbawa suasana dan berteriak. “Wowww one sweet day”, “AAAAA Kerennnn”, “Malam mingguku senangggg”, itulah sekelumit komentar penonton di kolom live chat.

Konser musik tersebut  ditutup oleh kolaborasi apik tiga bintang tamu dan Band EZ Collective sebagai band pengiring malam hari ini. Lagu penutup yang dibawakan adalah lagu Lets Stay Together karya Tina Turner. Kiara, Audrey, Trisouls mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang menyukseskan acara Melomoniac 6TH ini. Mereka dengan lantang mengucapkan “Lets stay together with music” sebagai tanda konser musik virtual ini berakhir.

Nah, pandemic Covid-19 tidak menghalangi kita untuk terus berkarya dan mendengarkan karya musik musisi terkenal Indonesia kan. Segala adaptasi mulai dilakukan. Salah satunya, konser musik virtual di rumah yang bisa kita nikmati di gawai kita.

Rafi Ramadhan, mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Publik Universitas Brawijaya Malang dan Magangers Kompas Muda Harian Kompas 2019.