“Terbang” dengan Ayunan Langit Watu Jaran di Kulon Progo

    0
    708

    Yogyakarta, Kota Pelajar yang dikenal memiliki destinasi wisata budaya yang menakjubkan. Tidak hanya itu, ternyata wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki destinasi wisata ekstrem yang memacu adrenalin. Salah satunya Ayunan Langit Watu Jaran yang berjarak sekitar 30 kilometer dari kota Yogyakarta.

    Destinasi itu terletak di Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyono, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan untuk sampai ke tempat tersebut.

    Bagi pecinta wisata alam dan wisata ekstrem, destinasi itu sangat cocok untuk menantang adrenalin Anda. Tidak hanya merasakan ekstremnya ayunan, tetapi Anda juga dapat merasakan indahnya pemandangan pegunungan Kulon Progo yang hijau dan asri. Berikut lima fakta unik seputar Ayunan Langit Watu Jaran.

    Melayang di udara

    Berbeda dengan ayunan langit lainnya, saat menaiki Ayunan Langit Watu Jaran ini, Anda dapat merasakan melayang pada ketinggian 800 meter di atas permukaan laut yang memang memiliki sensasi ekstrem. Ketinggian itu ditambah dengan hembusan udara pegunungan yang sangat dingin akan memacu adrenalin Anda semakin kencang. Sunguh menarik dan menantang bukan? Tentu, jangan lupa abadikan momen ini dengan jepretan kamera ya.

    Keselamatan terjamin

    Bagi Anda yang tertantang menaiki ayunan itu, tenang saja, karena keamanan permainan ini sangat terjamin. Bahan ayunan yang terbuat dari baja dan dapat menampung berat hingga 500 kilogram, membuat ayunan tersebut tentu tidak akan patah saat Anda menaikinya.

    Selain itu, Anda juga harus memakai sabuk pengaman yang sudah disediakan pengelola tempat wisata tersebut. Masih belum cukup loh. Di tempat itu juga ada tim SAR Yogyakarta yang akan mendampingi sehingga Anda tidak perlu khawatir.

    Pemandangan asri

    Selain merasakan sensasi berayun di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, Anda dapat menikmati pemandangan perbukitan Menoreh yang ada mengelilingi tempat wisata itu. Suasana alam perbukitan Menoreh yang hijau dan asri, menjadi suguhan panorama yang begitu indah untuk dinikmati.

    Pada saat berayun, Anda juga dapat melihat daerah sekitar, seperti wilayah Kabupaten Purworejo dan Bandara Kulon Progo. Wah seru kan.

    Murah meriah

    Bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan Ayunan Langit Watu Jaran, tidak perlu khawatir dengan harga. Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 10 ribu per orang untuk membeli tiket masuk dan menikmati suasana di dalam kawasan wisata Ayunan Langit Watu Jaran.

    Jika Anda ingin menaiki ayunan, Anda harus menambah pengeluaran Rp 20 ribu per orang. Setelah itu Anda dapat menaiki ayunan dan berayun di antara perbukitan dan langit selama 5-10 menit. Untuk harga parkir kendaraan, Anda hanya perlu membayar Rp 2 ribu untuk motor dan Rp 5 ribu untuk mobil. Lumayan terjangkau bukan?

    Obyek foto

    Wisata Ayunan Langit Watu Jaran menyediakan berbagai spot foto keren bagi kalian yang takut menaiki permainan ayunan langit. Spot foto keren ini memperlihatkan keindahan perbukitan Menoreh yang menjadi daya tarik wisatawan di Kulon Progo. Hal ini coocok sekali untuk Anda yang suka mengabadikan momen dan mengunggahnya di media sosial.

    Menarik sekali, kan? Tunggu apalagi, ayo liburan ke Ayuna Langit Watu Jaran! Jangan lupa ajak teman-teman, keluarga, atau kekasihmu untuk menguji adrenalin dan berlibur menyenangkan ke tempat wisata ini.

    Maria Viclarisa Natalia, Mahasiswa Mass Communication, Communication Department, Universitas Bina Nusantara Jakarta