Musik Kulning di Film “Frozen II”

0
158
Film FROZEN II. Sumber: Walt Disney Animation Studios.

Tak terasa sudah sudah satu minggu ini sihir sang ratu salju menguasai layar kaca bioskop Indonesia. Kini, sekuel dari film Frozen yaitu Frozen II akan menguak seluruh misteri masa lalu serta menyajikan berbagai petualangan epik dari duo saudari kerajaan Arendelle yaitu Elsa dan Anna, si manusia salju Olaf, serta Kristof dan rusanya Sven.

Frozen terkenal dengan berbagai sajian lagunya yang menyihir para anak-anak bahkan bagi semua umur. Lagu bertajuk “Let it Go” yang dibawa oleh penyanyi Broadway kenamaan Idina Menzel pun sukses menguasai jagat tangga lagu musik seluruh dunia. Terbukti bukan bahwa Frozen merupakan sebuah animasi epik yang bukan hanya sekedar kisah  ceritanya yang seru tapi berbagai soundtracknya yang menyihir para penikmat film dan musik di seluruh dunia.

Pada film kali ini, Frozen yang kental dengan kebudayaan Nordik menyajikan salah satu  lagu  untuk di bawakan Ratu Elsa yang bertajuk “Into the Unknown” yang menceritakan gejolak batin sang ratu es terhadap suara-suara yang kerap memanggilnya. Lagu ini merupakan garapan dari penulis lagu kenamaan Christophe Beck. Pembawaannya sangat powerful sehingga akan membawa riuh para penonton ketika menonton film ini.

Dalam lagu Frozen tersebut, penulis lagu mengadopsi kebudayaan nordik yaitu kulning. Negara-negara Nordik menempati wilayah di Eropa Utara dan Atlantik Utara. Negara yang merupakan negara Nordik adalah Denmark, Finlandia, Islandia, Norwegia dan Swedia, dan juga teritori Kepulauan Faroe, Greenland, Svalbard dan Åland. Kita dapat mendengarkan bagian kulning yang dibawakan oleh penyanyi norwegia Aurora pada lagu “Into the Unknown” serta lagu lainnya seperti “Show Yourself”.

Film FROZEN II
Sumber: Walt Disney Animation Studios

Dikutip dari laman MNN (Mother Nature Network), kulning merupakan teknik menyanyi dalam kebudayaan Nordik untuk pemanggilan ternak serta untuk komunikasi jarak jauh. Nadanya yangmenyihir membuat para pendengarnya akan mengalir terbawa kedalam suasana sendu dan sakral  dalam alunan nadanya.

Salah satu Youtuber yang kerap menampilkan kebudayaan Nordik adalah Jonna Jinton. Jonna sering mempraktekkan dan menyanyikan teknik kulning. Dalam videonya, Jonna memanggil hewan ternak seperti sapi, dengan nada tinggi lalu para sapi pun menghampirinya tak lama kemudian. Jonna percaya, teknik kulning ini dapat menyihir siapapun yang mendegarnya.

Sama halnya pada animasi Frozen 2, komposer lagu Christophe beck berusaha membuat film Frozen ini untuk menceritakan seluruh gejolak sang ratu es melalui lagu yang akan menyihir para pendengarnya. Dan teknik kulning pun menjadi opsinya untuk diaplikasikan ke dalam lagu “Into the Unknown“ dan “Show Yourself”.

Kini, film Frozen II masih menayangkan petualangan Ratu Elsa dan Putri Anna di seluruh layar bioskop Indonesia. Film Frozen II cocok ditonton untuk melepas rindu bagi para penggemarnya. Apalagi, film Frozen sudah tujuh tahun lalu tayang di bioskop.

M. Bagus Al Rafi, Magangers Batch IX, Mahasiswa Jurusan Komunikasi, Universitas Bina Nusantara Jakarta