Mengenal Lebih Dalam Personel RAN Lewat “Omne Trium Perfectum”

0
211

Rayi, Asta, dan Nino yang tergabung dalam grup band RAN tak henti mengeluarkan karya baru di dunia musik Indonesia. Kali ini ia mengeluarkan suatu proyek yang terbilang unik.

Halo sobat MuDa. Siapa di sini yang suka mendengar lagu-lagu dari RAN ? kalau kalian tahu tentang “Omne Trium Perfectum” dari RAN pasti kalian fans beratnya. Yuk sobat MuDa kita bahas sama-sama.

Tahun 2019 merupakan tahun berharga bagi grup band RAN yang terdiri dari Rayi Putra (Rayi), Astono Handoko (Asta), dan Anindyo Baskoro (Nino). Bulan Agustus tahun ini grup band RAN sudah mengeluarkan proyek mereka yang bernama Omne Trium Perfectum. “Ide “Omne Trium Perfectum” itu karena kami ingin pendengar RAN bisa lebih kenal secara musikal pribadinya Rayi, Asta, dan Nino” jelas Nino saat ditemui Sabtu (16/11/2019) di acara Selaras 2019.

RAN saat tampil di acara Selaras 2019 (16/11/2019). Foto : Tim Dokumentasi Selaras 2019

Proyek ini terbilang unik karena biasanya RAN membuat lagu selalu bersama, tetapi kali ini mereka mencoba membuat proyek unik dengan membuat lagu sendiri-sendiri. “Jadi masing-masing dari kami akan membuat lagu. Nanti kami selesaikan bersama-sama. Nantinya kami akan mengeluarkan flavor atau karakteristik dari masing-masing, karena biasanya kami bikin bareng-bareng” jelas Asta.

Rayi mengeluarkan lagu Ain’t Gonna Give Up pada bulan Agustus 2019. Kemudian disusul oleh Asta yang mengeluarkan lagu “Saling Merindu” pada awal November lalu. Nino merupakan personil yang mengawali ide tentang proyek ini. “ide awalnya itu dari aku, tapi kami tetap kerjain bareng-bareng” ujarnya.

Dalam bermusik pasti membutuhkan ide yang matang. Selama hampir 13 tahun di dunia musik, RAN tak pernah kehabisan ide-ide yang gemilang. “Kalau mau menyatukan ide ya kami ngobrol, komunikasi, dan workshop bersama-sama” ujar Nino.

Perbedaan pendapat kadang ditemukan dalam RAN. Asta menjelaskan, masing-masing dari personil RAN punya pendapat, terkadang terjadi perbedaan pendapat diantara mereka. Tetapi mereka selalu membicarakan, berdiskusi, dan voting agar hal itu dapat selesai.

“Karena semangatnya kan untuk mendapat ide yang terbaik” kata Nino dengan tersenyum. Bagi RAN, menulis lagu kadang-kadang butuh waktu yang lama dan terkadang pula butuh waktu yang cepat. Lima album dan beberapa proyek yang sudah dijalankan oleh RAN membuat Rayi, Asta, dan Nino sudah terbiasa menulis lagu.

Nino, salah satu personel RAN sedang menghibur penonton. Foto : Tim Dokumentasi Selaras 2019.

Sebuah proyek musik harus dibagikan ke orang banyak khususnya fans. Fans RAN sudah menunggu idola mereka untuk segera merilis lagu mereka. Untuk memberitahukan masyarakat tentang lagu barunya, RAN biasanya mempromosikan melalui media cetak, media digital, dan radio. Rayi menambahkan, “Terutama kalau kami lagi manggung,  pasti menyanyikan dan menyosialisasikan ke pendengar tentang lagu baru kami” kata Rayi.

“Kami belum pernah melalukan proyek ini, jadi seru banget, excited banget dan Alhamdulillah banyak respon positif dan banyak juga yang menyambut baik ide ini” tutur Asta. RAN sangat merasa senang karena respon masyarakat tentang “Omne Trium Perfectum” ini di luar dugaan.

Masyarakat sangat senang karena RAN merilis lagu dari masing-masing personel dan lagu itu akan rilis dalam waktu yang berdekatan. “Mereka pasti senang karena dalam waktu yang singkat mereka akan dapat mendengar lagu RAN lebih banyak” ujar Nino. Masing-masing dari mereka harus berusaha untuk mengejar timeline, karena dalam waktu yang singkat, RAN harus merilis dua belas kali. “Kami kan bikin sendiri-sendiri jadi ya ribet mengoordinasikan aja sih” ujar Nino.

Dari ketiga personil RAN, hanya Nino yang belum merilis lagunya. Ia menutup pembicaraan dengan, “Untuk ke depan sih tinggal rekaman saja, lagunya sih sudah jadi” katanya.

Jadi seperti itu sobat MuDa tentang proyek grup band RAN yang bernama “Omne Trium Perfectum”. Pastinya sobat MuDa sudah tidak sabar kan menunggu lagu yang akan dirilis oleh Nino. Kalau nanti lagu yang dibuat oleh Nino sudah rilis, makin lengkap dan banyak deh lagunya RAN.  Kita tunggu saja ya sobat MuDa !

Rafi Ramadhan, Siswa SMA Negeri 1 Jakarta, Magangers Kompas MuDa Harian Kompas Batch XI Tahun 2019.