Menikmati Pizza Asli Tanah Betawi

0
86

Halo sobat Muda! Kali ini aku mau membahas tentang pizza, eits tapi bukan pizza seperti pada umumnya yang berisi taburan daging dan keju mozzarella yang meleleh itu ya.  Ini pizza asli tanah Betawi, iya Betawi kalian ga salah baca kok. Betawi punya pizza asli yang bernama kerak telor.

Kerak telor sudah lama sekali meramaikan jagad kuliner Nusantara. Menurut Bang Sidik yang seorang pedagang kerak telor di kawasan Monas Jakarta, kerak telor sudah ada  sejak jaman penjajahan Belanda dan kemudian mulai dijual untuk umum. Dalam budaya Betawi, kerak telor biasanya merupakan bisnis turun temurun, tidak terkecuali Bang Sidik.

Bang Sidik sedang melayani pembeli di kawasan Monas, Jakarta. Foto: Chripinus Bimo Pinandhito.

Yang menarik dari pizza asli Betawi ini adalah cara pembuatannya yang masih menggunakan anglo (tungku bakar) dan membalik penggorengannya ke arah arang agar kerak telor memiliki aroma yang kuat dalam setiap gigitannya. Bahan pembuatannya juga terbilang tidak terlalu sulit ditemukan yaitu telur (biasanya menggunakan telur ayam atau bebek), beras ketan, serundeng mentah, ebi/udang yang sudah dihaluskan, dan serundeng yang sudah dimasak sebagai taburan terakhirnya.

Rasa kerak telor ini benar-benar unik dan jarang didapatkan di masakan lain. Selain rasa gurih dari telur yang diisi ketan sehingga menimbulkan kesan garing di dalamnya, ditambah serundeng matang yang manis untuk menyeimbangkan rasa asin dari ebi halus. Buat penyuka rasa pedas, bisa ditambahkan cabai iris saat dimasak. Pastinya rasa pedas  akan membuat sobat muda menambahkan kerak telor sebagai salah satu daftar makanan favorit.

Kerak telor bisa dibuat dari telur ayam atau telur bebek, sesuai dengan selera kita. Foto: Chrispinus Bimo Pinandhoto.

Untuk mencicipi pizza asli Betawi ini bisa langsung berkunjung ke pusat penjualannya yaitu di wilayah Monas, Jakarta Pusat. Selain itu, kita bisa mengunjungi festival kebudayaan Betawi seperti Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang diselenggarakan setahun sekali.

Harga yang ditawarkan pun tidak terbilang mahal. Hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 20.000 untuk telur ayam dan Rp 25.000 untuk telur bebek. Nah, tertarik kan untuk mencicipi pizza asli tanah Betawi ini? Kuy, langsung berburu aja yaaa….

Chrispinus Bimo Pinanditho, Siswa SMA Pangudi Luhur Bernardus Kota Deltamas, Magangers Kompas Muda Harian Kompas Batch XI 2019.