Menjadi Mahasiswa Jurnalistik Itu Asyik

0
155

Mungkin banyak dari kita yang belum tahu bahwa ada program studi kuliah tentang jurnalisme. Salah satunya perguruan tinggi yang memiliki mata kuliah itu adalah Politeknik Negeri Jakarta (PNJ). Institusi ini memilki program studi penerbitan dan jurnalistik di bawah jurusan teknik grafika penerbitan (TGP).

Selain memberikan ruang untuk mahasiswanya agar dapat terjun langsung untuk mencari berita atau mengemas informasi, pada program studi ini juga mahasiswa dibekali beragam kreatifitas untuk dapat menggunakan aplikasi yang menunjang pada media, seperti penggunaan aftereffect, adobepremier, adobeilustrator, dan lainnya.  Lepas dari belajar banyak ilmu tadi, ketika praktik mencari berita di lapangan, jadwal perkuliahan pun menjadi agenda jalan-jalan. Asyik bukan?

Nah berikut beberapa alasan mengapa kuliah jurusan jurnalistik di PNJ seru banget.
Ruang Kelas dan koridor gedungnya banyak dihasi oleh seni mural!  Ini yang harus kamu tahu, di PNJ jurusan TGP dari mulai tangga, dinding koridor hingga ruang kelas semuanya bernuansa seni. Jadi kita tidak akan merasa bosan untuk berlama-lama di dalam kelas.

Dosennya seru banget! Biasanya dibeberapa mata kuliah terdapat beberapa dosen seru dan santai. Mereka memberikan tugas dan membiarkan mahasiswa bebas untuk berekspresi dalam hal pengemasan konten atau desain yang akan dikumpulkan. Mahasiswa yang hasil tugasnya sudah lengkap dan selesai dikerjakan bisa pulang dan nongkrong sama teman atau langsung berorganisasi.

Nanti bekerja jadi apa? jangan bingung. Bisa jadi penulis, bisa jadi wartawan, bisa jadi editor, bisa jadi pengusaha, bisa jadi marketing, bisa jadi fotografer profesional

Jalan – jalan untuk menambah wawasan. Seperti yang sudah dibahas di atas, program studi ini memberikan jalur untuk mahasiswanya mengeksplor secara mandiri tentang pengumpulan berita dan bertemu secara tatap muka dengan narasumber. Dokumentasi fotografi juga menjadi program mata kuliah agar mahasiswa dapat mengetahui aspek-aspek terbaik dalam mengambil sebuah momen.

Sering banget ngadain acara! Tak ragu jika jurusan jurnalistik akan menjadi program studi favorit, karena karya jurnalistik terbaik akan dipajang pada galeri kampus, baik itu karya tulis, karya foto, maupun desain.
Selain merupakan apresiasi pihak kampus, dengan melihat karya itu diharapkan para mahasiswa jurnalistik menjadi insan kreatif yang bisa saling menginspirasi.

Nanti bekerja jadi apa? jangan bingung. Bisa jadi penulis, bisa jadi wartawan, bisa jadi editor, bisa jadi pengusaha, bisa jadi marketing, bisa jadi fotografer profesional, bisa punya event organizer, bisa jadi YouTuber (karena kita juga akan mempelajari ilmu komunikasi dan menjadi content creator).

Pokoknya apa saja yang bersangkutan dengan kreatifitas itu akan menjadi sasaran kerja mahasiswa jurnalistik. Jadi tidak selalu harus menjadi reporter ya!

Terakhir jangan takut untuk mengambil jurusan jurnalistik apalagi ketika banyak rumor kalau jadi orang jurnalisme akan ribet dan sulit membagi waktu. Jangan hiraukan hal tersebut, di sini mungkin banyak kesempatan yang pas banget sama personality kamu. Semoga bisa membantu kalian yang sebentar lagi memasuki jenjang perguruan tinggi. Semangat!

Raka Nugraha, mahasiswa Jurusan Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta