Menelusuri Kemegahan Perpustakaan Nasional RI

0
305

Apa yang terlintas di pikiran sobat muda ketika mendengar kata “perpustakaan”? Pasti yang ada di pikiran kalian perpustakaan adalah tempat yang isinya membosankan karena hanya berisi buku dan buku saja. Eits, kalau masih berpikiran begitu, kayaknya kamu harus mengunjungi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang berada di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat ini nih.

Lobi depan Perpustakaan Nasional RI di di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Jika sobat muda masih berpikir kalau perpustakaan isinya hanya buku, cobalah untuk memasuki lobi awal Perpustakaan Nasional RI. Dari luar kelihatannya hanya seperti gedung kuno satu satu tingkat yang menjadi tempat instalasi seni yang dijamin enggak bakal membuat sobat muda merasa bosan karena di tempat yang satu ini sobat muda bisa melihat teknologi modern yang dipadukan dengan pengetahuan seputar jurnalistik yang dikemas secara menarik.

Suasana lantai 21 Perpustakaan Nasional RI

Ketika sobat muda memasuki gedung utama Perpusnas RI ini, kalian akan melihat rak buku-buku tua setinggi empat lantai sebagai salah satu daya tarik perpusatakaan ini. Perpusnas RI terdiri dari 24 lantai yang memiliki fungsi tersendiri.

Fasilitas yang disediakan juga lengkap karena di dalamnya terdapat kantin, toilet yang bersih, ruang lansia. Selain itu pemandangan yang dapat kita lihat ke bawah juga sangat menarik karena secara nggak sadar sobat muda sedang berada di perpustakaan tertinggi yang ada di dunia. Yoi banget gak tuh.

Lantai favorit berada di lantai 21 hingga 24 karena di lantai itu terdapat koleksi buku-buku umum dan tempat untuk berdiskusi yang nyaman untuk mengerjakan tugas bersama teman maupun buat kamu yang masih jomblo sampai sekarang :’).

Salah satu rak koleksi di Perpustakaan Nasional RI

Buku-buku yang disediakan di situ juga sangat lengkap lho sobat muda. Untuk kamu yang ingin mencari bahan mengerjakan tugas sekolah atau buku yang ringan untuk dijadikan pelepas penat semuanya bisa sobat temukan di Perpusnas RI. Selain itu ada juga koleksi audiovisual, foto, peta, yang bisa dinikmati secara bebas bagi pengunjung.

Daripada sobat muda menghabiskan waktu gabutnya di rumah doang mending sobat kunjungi Perpusnas RI ini. Jangan lupa catat waktu buka perpustakaan. Pada hari Senin-Jumat jam 08.30-18.00 dan untuk Sabtu-Minggu jam 08.30-16.00. Pada hari libur nasional, Perpusnas RI tutup. Nah apakah sobat muda tertarik bertamasya ke kebun bacaan ini?

Chrispinus Bimo Pinanditho, siswa SMA Pangudi Luhur Bernardus Kota Deltamas, Magangers Kompas Muda Harian Kompas Batch XI 2019.