Siswa SDN Jatimalang- Purworejo Menuju Hidup Sehat dan Senyum Ceria

0
61

Pada Kamis (25/7/2019) semangat pagi anak-anak menyambut kedatangan mahasiswa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang sedang mengadakan KKN-PPM di wilayah mereka. Para mahasiswa KKN PPM UGM Sub Unit Jatimalang Unit Nampurejo 2019 datang ke SD Negeri Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Kedatangan mahasiswa yang sudah dikabarkan beberapa hari sebelumnya membuat anak-anak sekolah itu sudah siap untuk berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan yang akan diadakan di sekolah itu.

Meski masih anak-anak tetapi siswa SD Negeri Jatimalang bersikap baik dan ramah. Bahkan beberapa siswa menawarkan diri untuk membantu membawakan barang-barang yang dibawa oleh mahasiswa KKN-PPM Universitas Gadjah Mada Yogyakarta untuk keperluan kegiatan yang akan dilakukan di sekolah mereka.

Awal kegiatan dimulai dengan mengumpulkan siswa kelas 1, 2, dan 3 dalam satu ruangan. Pengkondisian tempat duduk siswa SD Negeri Jatimalang cukup memakan waktu karena jumlah siswa yang banyak. Kesulitan itu akhirnya dapat diatasi oleh mahasiswa KKN-PPM UGM dengan membuat janji bagi siswa yang tenang dan aktif berpartisipasi selama kegiatan akan diberikan hadiah.Kegiatan diawali dengan perkenalan mahasiswa KKN-PPM UGM dan menjelaskan kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan. Setelah menjelaskan kegiatan apa saja yang akan dilakukan, dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai pentingnya menjaga kebersihan diri dan menerapkan prinsip hidup bersih dan sehat.

 

Siswa SD Negeri Jatimalang mendengarkan penjelasan yang disampaikan oleh Mahasiswa KKN-PPM UGM mengenai perilaku hidup bersih dan sehat seperti pembiasaan diri untuk mencuci tangan yang benar dengan sabun pada lima waktu penting dan pembiasaan menyikat gigi dengan teknik dan waktu yang tepat. Setelah penyampaian materi selesai, dilanjutkan dengan menonton video dari puskesmas mengenai akibat jika malas sikat gigi.

Penulis: Zasimi Nur Zajar, mahasiswa Jurusan Pendidikan Dokter Gigi, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Gadjah Mada, lokasi KKN di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah