Senam dan Pelayanan Kesehatan di Kantor Kecamatan Merawang, Bangka

0
159

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Gadjah Mada menggelar kegiatan senam dan pelayanan kesehatan di Kantor Kecamatan Merawang, pulau Bangka pada Jumat (9/8/2019). Kegiatan senam yang dilakukan tersebut bekerja sama dengan pihak Kecamatan Merawang dan Puskesmas Kecamatan Merawang. Kerjasama ini dilakukan sebagai salah satu sarana untuk menjalin dan menjaga silaturahmi yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-PPM Universitas Gadjah Mada.

Senam yang dilakukan di Kantor Kecamatan Merawang mengundang beberapa perangkat desa dan masyarakat dari sepuluh desa yang berada di Kecamatan Merawang. Senam bersama ini dipimpin oleh dua instruktur senam dari Puskesmas Kecamatan Merawang. Senam yang dilakukan ini kurang lebih dilakukan selama satu jam, baik dari bagian pemanasan sampai dengan bagian pendinginan senam. Senam bersama yang dilakukan ini diharapkan mampu memberikan manfaat untuk menjaga kesehatan kondisi dan stamina tubuh.

Setelah kegiatan senam dilakukan lalu dilanjutkan dengan kegiatan pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN-PPM Universitas Gadjah Mada ini juga bekerjasama dengan salah satu rumah sakit di Kabupaten Bangka. Kegiatan pelayanan kesehatan ini dilakukan untuk screening penyakit sejak dini. Pelayanan kesehatan yang dilakukan terdiri dari cek gula darah, kolesterol, tekanan darah dan konsultasi kesehatan secara gratis. Masyarakat setempat antusias dan tertarik untuk melakukan cek kesehatan yang telah disediakan.

Harapannya melalui kegiatan yang dilakukan ini mampu menghadirkan kebermanfaatan. Selain itu kegiatan ini diharapkan juga dapat mampu memberikan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat.

Penulis             : Rois Nur Hakim

Foto                 : Satria Bagas