Gubernur Bangka Belitung Kunjungi Wisata Umbul Air Bulan dan Batu Betumpang Trans Expo

0
65

Mengembangkan potensi wilayah lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan tanggung jawab dan kewajiban mahasiswa KKN. Adanya potensi pertanian, peternakan, dan kondisi alam yang dapat dijadikan potensi wisata, menjadi fokus utama pengembangan oleh Tim KKN PPM Universitas Gadjah Mada KPB Batu Betumpang, Bangka Selatan.

Adanya potensi alam berupa embung di wilayah KPB Batu Betumpang kemudian dikembangkan menjadi destinasi wisata. Bersinergi dengan masyarakat, Tim KKN PPM UGM KPB Batu Betumpang membangun embung yang diberi nama Umbul Air Bulan.

Mahasiswa KKN membantu proses pembangunan dari desain bangunan umbul hingga proses berdirinya landmark. Dengan kerja keras bersama masyarakat, Wisata Umbul Air Bulan telah diresmikan oleh Erzaldi Rosman, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada Selasa (06/08/2019).

“Saya sangat mendukung pengembangan destinasi Wisata Umbul Air Bulan, semoga dengan keberadaan umbul ini, nanti dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sini,” ujar Erzaldi.

Dalam peresmian tersebut, telah dilakukan penandatanganan prasasti Program Pemberdayaan Masyarakat KKN PPM UGM 2019, sekaligus menjadi momen peletakan batu pertama Wisata Umbul Air Bulan. Hadir di acara itu Bupati Bangka Selatan, Ditjen Pengembangan Usaha Kemendesa, PDT, dan Transmigrasi, Ditjen Pengembangan Kawasan Pedesaan, PDT, dan Transmigrasi, Sekretaris Jenderal PSP Kementrian Pertanian, dan beberapa perusahaan BUMN.

Seluruh perwakilan kementrian yang hadir, bersama gubernur dan bupati juga melakukan penanaman pohon yang merupakan simbol diresmikannya Wisata Umbul Air Bulan.

Batu Betumpang Trans Expo

Setelah melakukan peresmian Wisata Umbul Air Bulan, gubernur, bupati, dan beberapa pejabat terkait mengunjungi Batu Betumpang Trans Expo. Expo tersebut merupakan pameran hasil produk olahan lokal yang dibuat atas kolaborasi antara mahasiswa KKN dan masyarakat.

Beberapa stan yang menyediakan sale pisang, manisan salak, kripik singkong dan eyek – eyek,  virgin coconut oil (VCO), mineral block, silase dan mikroorganisme lokal (MOL), produk olahan SMK N 1 Pulau Besar, aquaponik, pupuk organik cair, Instalasi Pupuk Organik Granula (IPOG), sistem panen air hujan, dan Wisata Umbul Air Bulan.

Gubernur, Bupati, Ditjen PK Trans, Sekjen Kementan, dan beberapa perusahaan BUMN, serta Direktur DPkM UGM mengunjungi Batu Betumpang Trans Expo karya Mahasiswa KKN UGM 2019, pada Selasa (06/08)

Pada kesempatan yang sama, Gubernur juga mencicipi produk olahan berupa sale pisang. “Saya berharap dari seluruh stan yang ada disini dapat dirangkum dalam sebuah booklet, sehingga kami, pemerintah provinsi dapat terus memantau keberlanjutan produk ini,” kata Erzaldi.

Selain itu juga dilakukan penyerahan beberapa produk olahan diatas kepada gubernur, bupati, dan pejabat kemenetrian terkait secara simbolis oleh Ambar Pertiwiningrum, dosen pembimbing lapangan KKN UGM dan Made Agus Bayu Sudharma, Koordinator Mahasiswa Unit KKN UGM di Batu Betumpang. Peresmian Wisata Umbul Air Bulan dan Batu Betumpang Trans Expo ditutup dengan foto dan makan siang bersama.

Paradisa Nunni Megasari, mahasiswa Fisipol, Anggota Tim KKN PPM UGM KPB Batu Betumpang 2019