Empat Hal Yang Harus Kamu Ketahui Tentang Para Penggemar Bus

0
30

Pada akhir tahun 2016, publik digemparkan dengan fenomena kata-kata “Om telolet om“. Sebuah fenomena masyarakat Indonesia yang mampu mendunia, dan mendapat tanggapan dari berbagai pihak. Jauh melihat ke belakang, sebelum viral, klakson bus dengan sebutan telolet sudah tidak asing ditelinga para penggemar bus. Selain memotret, penggemar bus juga merekam bus yang membunyikan klakson telolet.

Masyarakat awam ketika ditanya tentang penggemar bus, pasti yang dipikirkan adalah sekelompok orang yang suka memotret dan merekam bus. Sebenarnya ada beberapa hal yang tidak diketahaui banyak orang  tentang penggemar bus. Berikut empat hal yang jarang diketahui orang tentang penggemar bus.

Banyak teman

Penggemar bus tersebar hampir diseluruh wilayah di Indonesia, tak heran jika memiliki banyak teman. Di Indonesia, terdapat Busmania Community yang menjadi komunitas resmi penggemar bus. Komunitas ini tersebar diberbagai daerah, guna mempermudah dalam mengkoordinasikan maka dibentuk kordinator daerah atau korda, seperti Korda Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berbagai kalangan bergabung dalam komunitas ini, mulai dari karyawan swasta, mahasiswa, hingga dosen.  Setiap tahun, komunitas ini mengadakan jambore nasional yang diikuti ratusan penggemar bus dari berbagai wilayah.

Hobi jadi profesi

Sebuah hobi menjadi profesi, terdapat berbagai profesi yang dapat ditekuni oleh penggemar bus. Antara lain menjadi pemandu wisata, menjual kaos bertemakan bus, desainer livery bus, hingga YouTuber. Beberapa profesi tersebut berawal dari sebuah kecintaan pada moda transportasi darat yang bernama bus.

Sebuah hobi jika ditekuni secara serius akan menghasilkan uang dan memiliki pangsa pasar yang tinggi. Mengingat setiap tahun pasti ada penggemar bus pemula.

“Touring”

Berkunjung dari satu terminal ke terminal lain dengan naik bus menjadi sebuah sensasi tersendiri yang dapat dinikmati oleh orang- orang yang mencintai bus. Bagaimana cara menikmatinya? Ketika melihat pengemudi dan bus favorit, ada kesenangan batin yang dirasakan dan begitulah cara menikmatinya.

Penggemar bus sering mengistilahkannya dengan sebutan Touring Tengah Malam atau TTM. Biasanya dilakukan dini hari dengan tujuan kota kota di Jawa Timur, seperti Surabaya, Nganjuk, Madiun, dan beberapa daerah lainnya.

Menjadi mitra 

BMC DIY saat kunjungan ke garasi Po Sumber Group

Banyak hal positif yang didapat ketika bergabung dalam Busmania Community, seperti menjadi mitra Perusahaan Otobus. Dalam hal ini, berkunjung ke suatu perusahaan bus dan melakukan diskusi baik berupa saran dan masukan bagi perusahaan yang dikunjungi. Serta melakukan kampanye dengan tujuan mengajak masyarkat untuk menggunakan transportasi publik dan membantu memberikan kritik dan saran untuk pemerintah dan industri yang terkait.

Empat hal yang jarang diketahui dari penggemar bus sudah disebutkan. Dapat dipetik sebuah pelajaran bahwa hobi apapun, asalkan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain, maka, lanjutkanlah.

Fajar Andrian, Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.