Produk UMKM Jono Dampingan KKN UGM Pukau Tamu Undangan

0
384

 Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Gadjah Mada (UGM) Jono sukses menggelar Bazar UMKM hasil karya Paguyuban Ibu-Ibu Kelompok Ternak Kedung Gondang, Kabupaten Bojonegoro pada Selasa (23/07/2019). Bazar hasil pendampingan mahasiswa KKN tersebut bertepatan dengan acara pengabdian masyarakat dosen Fakultas Kedokteran Hewan UGM.

Kehadiran para dosen ke Kandang Kedung Gondang memberi kesempatan bagi ibu-ibu kelompok ternak untuk menjajakan produk-produk hasil olahannya. Produk-produk tersebut dibuat bersama dengan mahasiswa KKN yang telah menetap selama lebih dari 20 hari di Desa Jono. Terdapat beberapa pembaruan yang dilakukan oleh mahasiswa antara lain desain kemasan produk, bahan kemasan produk, dan varian rasa produk.

 

Terdapat 17 buah jenis makanan dan minuman yang dipamerkan berupa keripik tempe, kerupuk nasi, kerupuk waloh, gumun, jenang grendul, keripik menyok, singkong keju, tahu walik, kopi, kacang, tepung jagung, manisan blonceng, kentaki, gethuk goreng, rondo royal, dan es biji selasih.

Selain produk pangan, produk lain yang dipamerkan adalah tas anyaman, jamu sapi, jenang sapi, batik cap, dan batik tulis. Tidak hanya pameran, terdapat pula praktik membuat batik tulis untuk khalayak umum di stan batik tulis.

Batik tulis

Acara bazar UMKM ini termasuk dalam rangkaian peresmian luaran program KKN UGM Desa Jono. Terdapat enam luaran yang diresmikan diantaranya Guide book Desa Wisata Jono, Smart Barn (perangkat canggih pendeteksi suhu, kelembapan, dan air kandang secara otomatis), homestay Gamanjono, Kandang Umbaran Sapi di Purajaya, batik tulis Gamanjono, dan produk-produk UMKM asli Desa Jono.

Acara peresmian ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro, mewakili Bupati Bojonegoro yang berhalangan hadir. Melalui acara ini, diharapkan produk-produk UMKM olahan ibu-ibu Kelompok Ternak Kedung Gondang dapat berlanjut dan mendatangkan kesejahteraan finansial bagi para pembuatnya.

Penulis : Ika Nurila, mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, Ririn Nur Alfiani, mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian & Aulia Hafisa, mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Foto oleh : Julio Bagaskara, mahasiswa Fakultas Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.