Lima Jenis Makanan Terkenal dari Kalimantan

0
1326

Kita sudah biasa melihat dan mengonsumsi makanan khas Jakarta (Betawi), Sunda, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta, tapi sudahkah kalian mengenal aneka makanan khas Kalimantan ? Ini ada beberapa jenis makanan yang cukup populer. Yuuk kita simak.

  • Soto Banjar

Soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan ini punya rasa gurih dan unik yang berbeda dengan soto yang biasa Anda makan. Soto berkuah kuning bening ini kaya akan rasa rempah-rempah khusunya kayu manis.Soto Banjar Bisa Dimakan dengan Nasi atau Lontong ,soto banjar ini berisikan ayam kampung disuir,so’un,perkedel kentang,serta potongan telur rebus,dan ditaburin oleh bawang goreng.

Biasanya soto nggak dimasak dengan kayu manis makanya rasa soto banjar ini berbeda dengan soto ayam yang biasa anda makan. Harga satu porsinya Rp 20.000 

  • Sate Payau
Sate Payau Khas Kutai Kartanegara. Foto : M DifaKA

Sate payau ini adalah makanan khas dari Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur dan menjadi makanan favorit warga Kutai Kartanegara. Sate payau ini sebenarnya adalah sate daging rusa yang dibumbui dengan bumbu kacang dan kecap.

Penggunaan daging rusa memang enggak biasa dan pasti membuat Anda penasaran proses pembuatannya. Dan harga satu porsi makanan ini sekitar Rp 30.000 dan anda bisa mendapat kan di kota Tenggarong

  • Sayur Asam Kutai Kartanegara
Sayur Asam Khas Kalimantan Timur. Foto : M. DifaKA

jenis sayur yang khas di Indonesia. Variasinya sendiri bermacam-macam, seperti sayur asam kangkung, sayur asam ikan asin dan sayur asam khas Betawi.

Tapi, jika membicarakan makanan Khas Kutai, Kalimantan Timur ini sedikit unik. yang hanya bisa anda dapatkan di Tenggarong,dan Samarinda. karena menggunakan bahan utama yang berbeda, yaitu ubi rambat dan kepala ikan gabus yang segar.

Pelengkapnya adalah kangkung dan buah terong asam yang hanya terdapat di Kalimantan Timur. Jadi, kepala ikan gabus yang dibelah dua dilumuri garam dan air jeruk nipis. Setelah itu, dimasukkan ke dalam kuah yang hanya berbumbu terasi dan garam. Bila sudah matang, bisa segera diangkat. Biasa nya sayur ini dijual perporsi dirumah makan berkisar Harga Rp5.000 – Rp 10.000. 

  •  Lempok Durian

 

Lempok durian khas Kalimantan Timur, Pulau Seribu Sungai. Foto : M. DifaKA

Hmm.. Makanan yang kalian wajib bawa pulang ketika berkunjung ke Pulau Seribu Sungai adalah olahan duriannya. Bagaimana tidak, Pulau Seribu punya mitos sebagai daerah penghasil durian terbesar. Jadi, rugi apabila berwisata ke sana tanpa mengecap rasa lempok durian yang menjadi salah satu penganan dari durian yang direkomendasikan.

Kudapan ini berupa dodol yang memiliki cita rasa legit dan manis. Hal ini di sebabkan, rasa buah durian yang kuat. Bagi pecinta Raja Buah dijamin akan terpuaskan. Cocok sekali dilahap sambil minum kopi atau teh hangat ketika bersantai di sore hari.

Tidak perlu khawatir, sebab lempok durian adalah jajanan yang bertahan lama. harga makanan ini berkisar dari Rp.18.000 – Rp.25.000 tergantung ukuran kemasannya.

  • Amplang

 

Makanan Cemilan Khas Kalimantan Timur (Picture By MDifaKA)

Kerupuk amplang memang menjadi buah tangan favorit para wisatawan. Kalau di daerah lainnya lebih dikenal dengan sebutan kerupuk pipih atau tergantung nama ikannya. Sama halnya dengan kerupuk udang, jajanan tersebut juga memiliki rasa ikan yang begitu kuat sehingga, cocok menjadi pendamping menu apapun. Keunikan amplang terlihat dari bentuknya yang tidak terlalu besar dan menyerupai kuku macan. Harga makanan ini dikisaran Rp 8.000- Rp 10.000 per bungkus plastik ukuran kecil.

Muhammad Difa Khameswara Alfasya, mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas Amikom Yogyakarta