Pesona Danau Gunung Tujuh Kerinci di Jambi

0
466

Danau Gunung Tujuh Kerinci merupakan sebuah wisata danau yang terletak di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat, tepatnya berada di kabupaten kerinci. Jambi, tepatnya di Desa Pelompek Kecamatan Kayu Aro. Danau ini berada di kawasan Gunung Tujuh, sebuah gunung yang berada tepat di belakang Gunung Kerinci. Taman Nasional tersebut memiliki jenis flora dan fauna yang terbanyak di pulau Sumatera, dan merupakan wilayah yang ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Bagi pendaki gunung, Kerinci mungkin menjadi tujuan utama karena gunung tersebut merupakan gunung aktif tertinggi di Indonesia (3.805 meter di bawah permukaan laut/mdpl), tetapi gunung itu juga punya fungsi lain. Bagi wisatawan yang ingin sekadar menikmati keindahan alam Kabupaten Kerinci Danau Gunung Tujuh bisa menjadi pertimbangan sebagai tujuan wisata.

Selain memiliki panorama alam  menakjubkan, jalur yang dilalui juga jauh lebih mudah dari pada Gunung Kerinci. Di luar fakta itu, ternyata Danau Gunung Tujuh juga merupakan salah satu danau tertinggi di Indonesia. Ia berada di ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut dan merupakan danau yang berada diketinggian nomor dua di Indonesia setelah 13 danau-danau kecil yang terdapat di Gunung Talamau Sumatra Barat. Danau-danau itu berada di ketinggian 2750 mdpl.

Dengan ketinggian hampir dua kilometer dpl itu bisa dibayangkan betapa dinginnya air Danau Gunung Tujuh di pagi hari. Meskipun begitu, berendam di Danau Gunung Tujuh dengan air yang sangat dingin menjadi tantangan sendiri bagi para pendaki. Pemandangan yang bagus bakal menarik perhatian bagi Anda yang berwisata di wilayah Kerinci, Jambi. Rasanya tidak sah kalau belum mendaki Danau Gunung Tujuh ini.

Rafiq Ahmad Hasibuan