Potret Anggota Brimob Saat Mengamankan Sidang Putusan Mahkamah Konstitusi

0
286

Proses pemilu dan sidang putusan Mahkamah Konstitusi (MK)  sudah selesai tapi mari kita kembali sedikit pada Hari Selasa (25/6/2019) saat saya dan rekan saya berjalan-jalan ke sekitar monas. Kami melihat penjagaan dari setiap personel brimob dan TNI di kerahkan demi keamanan proses sidang berlangsung.

Kami pun diperbolehkan untuk memotret saat bapak polisi sedang bersantai namun tetap waspada, Berikut adalah potret kenang-kenangan dari perjalanan yang saya dan rekan saya lakukan.

Tetap tersenyum

Foto : Satya Ayu Puspa Dewi L

Anggota Kepolisian RI itu tetap bersemangat dan tersenyum padahal mungkin saat itu mereka belum bisa bertemu keluarga sejak beberapa bulan lalu karena harus melakukan pengamanan demi Indonesia yang damai. Dengan segala upaya mereka kesampingkan kepentingan lain, termasuk keinginan untuk pulang dan tetap bekerja dengan sepenuh hati.

Kesabaran tiada batas

Foto : Satya Ayu Puspa Dewi L

Pekerjaan mereka tidaklah mudah. Mereka harus siap dan siaga dan memastikan kawasan yang mereka jaga tetap aman, tidak ada hal-hal di luar kendali terjadi. Namun, pada saat foto di atas diambil, para anggota Brimob itu sedang menunggu makan siang yang akan dibagikan oleh pihak konsumsi.

Terlihat ada anggota yang sedang memegang telepon seluler. Ternyata dia anggota polisi tersebut sedang melakukan video call singkat dengan anak dan istrinya di rumah. Kesabaran memang tiada batas, tetap sabar untuk menunggu saat kepulangan yang amat dinantikan para anggota polisi ini.

Kebersamaan yang selalu terjaga

Foto : Satya Ayu Puspa Dewi L

Saat yang dinanti pun tiba. Para anggota Brimob akhirnya bisa menyantap makan siang mereka yaitu nasi kotak yang dibagikan. Beramai-ramai mereka makan bersama. Kebersamaan yang selalu mereka lakukan,sungguh indah.

Tidak jauh dari lokasi mereka makan siang, terdapat peralatan Brimob. Kami memerhatikan bagaimana polisi tetap menghargai para pejalan kaki dengan menyusun apik peralatan mereka.

Peralatan dan perlengkapan 

Foto : Satya Ayu Puspa Dewi L

Sebagian peralatan dan perlengkapan Brimob disiapkan dan disusun rapih supaya tidak mengganggu pejalan kaki. Selama melakukan perjalanan kami pun mencoba menyeberang jalan untuk mengambil potret lainnya,melihat berbagai sudut pandang bagaimana polisi tetap siap siaga.

Semangat terus membara

Foto : Satya Ayu Puspa Dewi L

Perjalanan kali ini benar-benar membekas karena kami dapat langsung melihat secara langsung proses para polisi dari kesatuan Brimob menjaga jalur agar tetap aman tanpa ada kerusuhan. Walaupun cukup padat hari itu, namun secara keseluruhan berjalan lancar. Dengan suka cita mereka tetap berjaga dan siap apapun yang terjadi.

Semangat mereka membuat kami senang dan tenang. Terimakasih para bapak polisi yang sudah melakukan keamanan selama ini. Semangatmu selalu kami ingat untuk tetap menjaga keutuhan NKRI. Cinta damai untuk Indonesia tercinta ini!.

Satya Ayu Puspa Dewi Laurenza, mahasiswa Mass Communication, Fakultas Economics and Communication, Universitas Bina Nusantara,Jakarta