Garuda Wisnu Kencana, Taman Budaya dengan Kemegahan Patung

0
30

Hai, Sobat Muda! kalian pasti tahu dong soal Pulau Dewata atau Pulau Bali yang merupakan salah satu destinasi wisata Indonesia terkenal di dunia. Jika kamu ingin berkunjung ke Bali, kamu harus mengunjungi salah satu ikon pariwisata Bali, yaitu Garuda Wisnu Kencana Cultural Park (GWK Cultural Park).

GWK merupakan sebuah obyek wisata berupa taman budaya yang menyuguhkan budaya Bali. Taman wisata seluas kurang-lebih 60 hektar ini terletak di Jl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kabupaten Badung, Bali. Karena areanya yang luas, GWK terbagi menjadi beberapa titik wisata.

GWK Cultural Park berhasil menarik banyak wisatawan karena patung-patungnya yang megah dan lekat dengan budaya Hindu Bali. Salah satu patung yang ada di GWK Cultural Park masuk ke dalam daftar patung-patung tertinggi di dunia, yaitu Patung GWK (Garuda Wisnu Kencana Statue). Hal tersebut tentunya menarik perhatian wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Wisatawan yang tiba di GWK Cultural Park harus naik bus antar-jemput terlebih dahulu untuk mencapai loket tiket masuk GWK Cultural Park yang berada di Plaza Bhagawan,  karena kendaraan pribadi dan kendaraan wisata tidak bisa menurunkan penumpang di Plaza Bhagawan. Setelah membeli tiket di Plaza Bhagawan, wisatawan bisa berjalan kaki menuju pintu masuk GWK Cultural Park yang berada di Plaza Kencana. Wisatawan yang telah membeli tiket akan diberikan selendang untuk dikenakan.

Wisatawan harus memakai senteng (selendang) tersebut selama berada di dalam kawasan wisata GWK. Wisatawan yang memakai celana pendek atau rok pendek juga diwajibkan menggunakan sarung yang telah disediakan oleh GWK untuk masuk ke dalam kawasan wisata GWK, agar pakaiannya terlihat lebih sopan.

Patung Dewa Wisnu yang berada di Plaza Wisnu. Foto: Kompas Corner UMN/Jacinta Aura Maharani

Setelah masuk, pengunjung akan berjalan kaki melewati anak tangga menuju Plaza Wisnu. Di dalam Plaza Wisnu terdapat patung raksasa Dewa Wisnu dan Parahyangan Soka Giri. Parahyangan Soka Giri merupakan mata air suci yang terletak di samping patung Dewa Wisnu. Plaza Wisnu menjadi tempat favorit wisatawan untuk berfoto karena patung Dewa Wisnu yang melegenda. Dalam kepercayaan Hindu, Dewa Wisnu merupakan dewa pemelihara alam semesta beserta isinya.

Tepat di belakang Plaza Wisnu terdapat Plaza Garuda. Ada patung kepala Garuda dan sarang telur raksasa burung Garuda di Plaza Garuda. Dalam agama Hindu, burung Garuda merupakan hewan tunggangan Dewa Wisnu. Burung Garuda melambangkan loyalitas, kepercayaan, dan pengorbanan.

Patung Kepala Garuda yang berada di Plaza Garuda. Foto: Kompas Corner UMN/Jacinta Aura Maharani

Di bawah area Plaza Garuda terdapat area outdoor terbesar di Garuda Wisnu Kencana bernama Lotus Pond. Di area tersebut, pengunjung dapat berfoto dan menikmati suasana outdoor di GWK. Selain itu, pengunjung juga dapat menyaksikan parade budaya Bali di Lotus Pond pada waktu yang sudah ditentukan.

Patung Garuda Wisnu Kencana

Patung Garuda Wisnu Kencana menyandang titel salah satu patung tertinggi di dunia karena ketinggian yang mencapai 120,9 meter. Patung GWK diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di bulan November tahun 2018 lalu. Patung ini didesain oleh seniman asal Bali bernama Nyoman Nuarta.

Semenjak peresmiannya, patung GWK menjadi ikon baru pariwisata Bali. Patung ini berupa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi Burung Garuda. Lokasi patung ini berada di belakang Plaza Wisnu dan Plaza Garuda.

Suasana di dalam Patung GWK pada Senin (10/6/2019). Foto: Kompas Corner UMN/Jacinta Aura Maharani

Patung ini tidak seperti patung raksasa biasa. Di dalam patung ini terdapat ruangan yang berisi berbagai macam informasi mengenai Garuda Wisnu Kencana. Adapun galeri foto yang menunjukkan proses pembangunan Garuda Wisnu Kencana Cultural Park. Pengunjung juga dapat membeli merchandise resmi Garuda Wisnu Kencana di tempat tersebut.

Penulis: Kompas Corner UMN/Jacinta Aura Maharani.

Foto: Kompas Corner UMN/Jacinta Aura Maharani.

Editor: Kompas Corner UMN/Meiska Irena Pramudhita.