Jonatan Christie yang Tetap Bersinar

0
56

Pebulutangkis muda Indonesia di sektor tunggal putra, Jonatan Christie yang biasa dipanggil Jojo kini menduduki peringkat delapan dunia. Jonathan Christie yang lahir pada 15 September 1997, memulai karier bulutangkisnya pada tahun 2013 dengan memenangkan gelar pertama di Indonesia International Challenge. Ketika itu usianya masih 15 tahun.  Tidak berhenti sampai disitu, ia terus bekerja keras dan berjuang untuk menjadi atlet yang terbaik, dan benar saja sudah banyak gelar yang diberikan untuk Indonesia.

Baru-baru ini Jojo diterpa kabar tidak enak yang membawa namanya terseret dalam video masturbasi mirip dirinya. Saat diterpa berita tersebut Jojo tengah sibuk mempersiapkan diri untuk bertanding di Badminton Asia Championships (BAC) 2019 yang berlangsung pada 23-28 April 2019. Meski begitu, ia tetap fokus untuk bisa bertanding dengan baik.

Walaupun Jojo gagal melaju ke 16 besar di Badminton Asia Champions (BAC) karena dikalahkan oleh pebulutangkis Jepang Kenta Nishmoto 21-18, 19-21, 10-21. Namun, ia ingin membalaskan kekalahan di New Zealand Open 2019 pada tanggal 1-5 Mei 2019 meskipun lawan yang dihadapi tidak mudah.

Di babak semifinal Jojo harus melawan unggulan ke 5 Kanta Tsuneyama 21-12, 21-15 dan di babak final Jojo harus melawan unggulan ke 6 Ng Ka Long Angus hanya dengan 2 game saja 21-12, 21-13. Jojo mendapat gelar BWF Tour pertama di New Zealand Open pada tahun 2019. Isu berita miring yang menerpa dirinya tetap membuat ia mampu membuktikan kepada Indonesia kalau ia mampu mengharumkan nama bangsa.

Jojo adalah sosok orang yang rajin berdoa dan pantang menyerah meskipun diterpa berita miring dan komentar netizen yang maha benar. Bahkan, jika ada yang berkomentar negatif tentang dirinya ia akan simpan hal tersebut dalam bentuk screenshoot karena saat ia menyerah atau putus asa ia akan melihat srceenshoot tersebut untuk bangkit semangat lagi membela negara.

Kita sebagai anak muda harusnya bisa mencontoh apa yang dilakukan Jojo. Bukan terkena masalah langsung stres, menangis dan bahkan sampai bunuh diri. Terus semangat Jo!

Akhir bulan lalu Jojo dan team Indonesia lainnya kalah di semi final pertandingan untuk merebut Piala Sudirman 2019 di Nanning, China, tetapi akhir pekan lalu Jojo berhasil menjadi juara turnamen bulutangkis Australia Terbuka 2019, setelah mengalahkan rekan senegaranya, Anthony Ginting lewat pertandingan rubber set. Hidup Jojo, terus bekerja keras demi Indonesia Raya !

Indah Lely Christanti, mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Jawa Tengah