Perbedaan “Quick Count” vs “Real Count” vs “Exit Poll”

0
447

Pemilu telah selesai dilakukan serentak di seluruh Indonesia, tetapi terdapat beberapa hal yang cukup menarik untuk diperhatikan. Salah satunya yang banyak kita dengar yaitu quick count atau hitung cepat.

Sebenarnya apa itu quick qount? Dan bagaimana sebenarnya agar kita tahu secara pasti siapakah pemenang pemilu kemarin? Sebelum itu semua akan lebih baik jika mengerti sistem penghitungan suara yang ada di negara tercinta kita ini. Ada tiga sistem penghitungan suara yang ada di Indonesia yaitu, quick count, real count dan exit poll. Apakah perbedaan dari masing-masing sistem itu? Mari kita simak penjelasannya ya genk.

Akurasi tinggi

Istilah quick count banyak menjadi sorotan usai pemilu.  Banyak media yang menayangkan quick count. Lalu apa itu sebenarnya quick count? Quick count atau hitung cepat adalah metode verifikasi hasil pemilihan umum yang dilakukan dengan menghitung prosentase hasil pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) yang dijadikan sampel.

Quick count memberikan gambaran dan akurasi yang lebih tinggi karena menghitung suara hasil pemilu langsung dari TPS target, bukan berdasarkan persepsi atau pengakuan respoden.

Quick count dilakukan oleh lembaga atau individu yang memiliki kepentingan terhadap proses dan hasil pemilu. Tujuan dan manfaat dari hitung cepat adalah agar pihak-pihak yang berkepentingan memiliki data pembanding yang dapat digunakan untuk mendeteksi adanya kemungkinan kecurangan yang terjadi pada proses tabulasi suara.

“Real Count”

Ada lagi istilah real count yang akan dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Real count atau hitung sesungguhnya menampilkan hasil perhitungan seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Indonesia.

Ada yang menggunakan data dari KPU, dan ada yang menggunakan input dari saksi-saksi relawan partai dan tim sukses di TPS. Meski data yang ditampilkan adalah hasil hitung sesungguhnya, namun hasil real count tidak bisa diketahui dengan cepat. Penghitungannya bisa memakan waktu berhari-hari.

“Exit Poll”

Berbeda dengan real count dan quick count. Exit poll adalah survei yang digelar di hari pemungutan suara dan dilakukan segera setelah pemilih meninggalkan tempat pemungutan suara (TPS). Metode yang digunakan adalah dengan bertanya langsung pada pemilih yang sudah selesai mencoblos.

Kemudian sampel ditentukan secara proporsional untuk menggambarkan populasi. Hasil exit poll sendiri bisa diketahui lebih cepat dari hasil resmi karena sumber datanya adalah wawancara pemilih.

Jadi itulah beberapa perbedaan antara quick count, real count dan exit poll. Gimana sudah paham kan genk, jadi jangan disamakan satu sama lainnya ya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian.

Farhan Zulfikar Yunus