Java Jazz Festival 2019: Music Unites Us All

0
150
Chzrae (19) dan Febby (28) berpose dengan gaya ala anak muda di Java Jazz Festival.

Java Jazz Festival 2019 mengusung tema “Music Unites Us All” yang berarti musik menyatukan kita semua. Festival yang digelar selama tiga hari ini, 1-3 Maret 2019 di JIEXPO Kemayoran, menarik perhatian masyarakat khususnya kalangan anak muda. Mereka bersatu dari berbagai daerah di Indonesia bahkan ada juga yang berasal dari luar Indonesia rela datang untuk menikmati beragam penampilan musisi lokal dan internasional. Gaya mereka pun tak kalah kerennya dengan para musisi.

Salah satu pengunjung yang berasal dari luar negeri adalah Chzrae (19). Ia datang jauh dari Afrika Selatan untuk menikmati special show H.E.R. pada hari Jumat (01/03/2019) bersama keluarganya. H.E.R. membuatnya kagum karena semua lagunya sangat luar biasa hingga ia rela datang ke Indonesia. “Tanteku pun membelikan tiket untuk nonton dan ya, aku sangat siap untuk itu,” ucapnya sambil tersenyum.

Selain menikmati penampilan musisi, ia juga sangat memperhatikan penampilan diri. Kemeja berwarna kuning dengan garis hitam itu ternyata buatannya sendiri. Ia mengatakan,”Kemeja ini aku buat sendiri di Afrika Selatan. Aku benar-benar menyiapkannya untuk festival ini.”

Orang-orang di sekitarnya menjadi inspirasi pembuatan kemejanya. “Aku sering melihat orang lain memakai kemeja ini dan daripada membeli, aku coba untuk membuatnya sendiri.”

Kemejanya yang bergaris hitam dipadu-padankan dengan celana warna hitam tampak serasi. Sepatu sneakers polos berwarna putih membuat highlight dari OOTD (Outfit of the Day) ala Chzrae. Rambutnya pun berwarna pirang, sekilas mirip dengan warna kemejanya.

Lain hal dengan Febby (28) yang datang ke festival dengan gaya Bohemian. Awalnya ia juga ingin menikmati penampilan H.E.R. tapi sayangnya tiket yang didapatkannya dari kantor, tempat bekerjanya, tidak berlaku untuk special show. The GROOVE musisi yang ia dapat nikmati penampilannya. “Aku suka lagu-lagu mereka,” ucapnya. Ia juga menyukai gaya tahun 60-an sehingga memilih gaun bermotif dan dipadu-padankan dengan tassel bag warna hitam seperti warna rambutnya yang keriting.

Java Jazz Festival menjadi ruang bagi penikmat musik bersatu sekaligus mengekspresikan diri. Penikmat musik yang sebagian besar adalah anak muda berkumpul bersama untuk menikmati penampilan musisi yang dinginkan. Tak mau kalah keren dengan para musisi, mereka pun berekspresi sesuai gaya. Membuat pakaian dan menyiapkan penampilan mereka semaksimal mungkin agar terlihat keren. Sobat Muda, yuk mulai berkreasi!

 

 

 

Fotografer: Fauziah Mutiara, mahasiswa IISIP Jakarta dan volunter Kompas Muda untuk Java Jazz Festival 2019.

Reporter: Maria Oktaviana, siswa SMA Negeri 7 Tangerang Selatan, volunter Kompas Muda untuk Java Jazz Festival 2019, dan magangers Kompas Muda Harian Kompas Batch X.