#THRIVE Pameran Unik Ala Mahasiswa Arsitektur

    0
    402

    Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Indonesia akhir Januari lalu punya acara keren nih. Berlokasi di Fakultas Teknik, Universitas Indonesia dan berlangsung dari  22 hingga  27 Januari 2019, mereka mengadakan pameran arsitektur #THRIVE menyajikan karya – karya mahasiswa semester satu arsitektur. Keseluruhan karya yang ditampilkan berasal dari tugas harian hingga tugas ujian akhir semester (UAS) yang dikumpulkan menjadi satu dalam suatu pameran yang menjadi proyect akhir terbesar di semester 1.

    Lokasi pameran dibagi menjadi empat bagian, yaitu “The Beginning of A Journey” di lobi K, “A step Forward” di Studio C.101, “Thinking Big” di taman kantin teknik dan “Playing with The Colors” di Lobi EC. Setiap lokasi memiliki ciri khas masing-masing seperti di “The Beginning of A Journey” yang berisikan tugas-tugas harian mahasiswa arsitektur. Konsep yang disuguhkan pun cukup unik, pengunjung diajak untuk melihat berbagai warna dimulai dari warna monokrom lalu ke permainan warna.

    Antusiasme pengunjung terlihat saat mereka mengamati setiap karya. “Pamerannya kalo buat gua sih menarik, pas kita baca informasinya baru deh wah kreatif banget. Temanya juga fresh banget” ujar Kinanty Tasya, salah satu pengunjung.

    Karya Instalasi tak kalah unik, berawal dari analisis tema yang diberikan oleh dosen lalu diolah menjadi karya yang sarat akan makna filosofis. Seperti “Taciture Movement” karya Callista Sana Atsinah dan Shania Afifah. Karya ini terinspirasi dari tokoh kartun Tom and Jerry. “Tactiture Movement” merupakan visualisasi jalan cerita kartun Tom and Jerry yang juga diwujudkan dalam bentuk suara. Karya instalasi yang cukup rumit ini memakan waktu beberapa minggu untuk pembuatannya.

    The Unseen Pattern of Marjan

    Pengunjung juga antusias untuk mengambil beberapa foto dengan kameranya di area pameran terutama di “A step Forward” yang berlokasi di Studio C.101. Ruang tersebut  berisi karya instalasi “The Unseen Pattern of Marjan” yang bagus untuk boomerang. Pameran #THRIVE itu dibuka untuk umum dan gratis ini mulai beroperasi pukul 9.00 – 17.00 WIB. Oh iya, selama acara berlangsung pengunjung didampingi oleh pemandu tur yang ramah dan mampu menjelaskan karya – karya dengan baik.

    Salah satu karya yang mereprestasikan media sosial membelenggu kehidupan seseorang. Foto : Diena Hanifa

    Reporter :

    Faizah Diena Hanifa, mahasiswi Universitas  Indonesia & magangers Kompas Muda Harian Kompas Batch IX, dan Nabila Humaira Yasmin, mahasiswa Universitas Indonesia