Bambu, Solusi Untuk Warga Bangkalan

0
249

Tragah, Bangkalan – Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi mahasiswa yang bergabung dalam kelomok KKN 52 Universitas Trunojoyo Madura, Jawa Timur beberapa waktu lalu menggelar acara pengabdian masyarakat berupa penyuluahan bambu sebagai tempat tanaman hidroponik.

Acara penyuluhan ini dihadiri oleh warga, khususnya petani dan ibu rumah tangga. Acara ini diadakan di Balai Desa Kemoning Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan.

Acara ini dibuka oleh ketua KKN 52 UTM, Muhamad Rizal. Dalam sambutannya, Rizal menyampaikan bahwa penyuluhan bambu sebagai tempat tanaman hidroponik ini diadakan karena melihat kondisi tanah pertanian di sana pada musim kemarau.

Saat musim kemarau, tanah para petani di desa tersebut kering, tidak bisa ditanami oleh tanaman seperti padi, cabai, kacang-kacangan karena tak ada lagi air dan sistem pengairan yang cukup untuk menghidupi aneka tanaman tersebut. Alasan lain, melihat potensi alam di Desa Kemoning yang banyak memiliki tanaman keras terutama bambu. Penyuluhan ini diharapkan bisa menjadi jalan keluar bagi para petani disaat musim kemarau.

Ary Bhisma Dirgantara