Mengintip di Balik Layar Media Asian Games 2018

0
176

Asian Games 2018 merupakan pekan olahraga akbar se-Asia. Ini adalah pekan olahraga terbesar yang pernah digelar Indonesia. Dari sisi skala penyelenggaraan, Asian Games hanya kalah besar dari olimpiade. Tidak mengherankan jika media internasional dari berbagai negara tertarik meliput ajang ini.

Layar utama Main Media Center menayangkan siaran langsung pertandingan yang berlangsung

Untuk melayani mereka, penyelenggara membuat pusat media utama atau Main Media Center (MMC) yang bertempat di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. MMC ini besar sekali dan mampu mengakomodasi sekitar 10.000 kru media yang telah terakreditasi untuk meliput Asian Games 2018. MCC dilengkapi berbagai fasilitas yang memanjakan wartawan mulai jadwal pertandingan, eksebisi, dan festival, serta internet dengan kecepatan tinggi. “Menyentuh angka 1 Gbps untuk koneksi Lan, dan 100 Mbps untuk Wi-Fi”, Ucap Eris Heriyanto, Sekretaris Jenderal Panitia Pelaksana Asian Games 2018.

Ia menegaskan, tingkat keamanan untuk masuk ke dalam MMC pun sangat ketat. Tidak hanya sampai situ, persediaan konsumsi pun telah disiapkan dengan baik dan akan selalu tersedia di MMC. “Hal ini murni dilakukan karena peran media sangatlah penting dalam kesuksesan Asian Games 2018. Ini bentuk kolaborasi bersama,” ujar Eris.

 

Naskah dan foto: Ben Saragih (lulusan SMA Kolese Gonzaga Jakarta 2018)