Pengalaman Liputan Pertama Magangers Batch X

0
494

Setelah mengalami berbagai keseruan di hari pertama dan kedua, Magangers Kompas Muda Batch X mendapat pengalaman menyenangkan lagi dihari ketiga. Mereka mendapat tugas untuk melakukan peliputan langsung.

Sebanyak 40 Magangers Batch X dibagi menjadi delapan kelompok. Tiap kelompok terdiri dari tiga reporter, satu orang fotografer, dan satu orang desainer grafis. Mereka mendapat tugas meliput tempat-tempat yang telah ditentukan, setelah sebelumnya mendapat pelatihan mengenai bidang masing-masing, yaitu penulisan, fotografi, dan desain grafis.

Salah satu peserta magang, Amelia dan kelompok mendapat tugas melakukan peliputan di lokasi kuliner Pasar Palmerah. Mereka beruntung menemukan narasumber yang menyambut mereka dengan baik.

Selagi wawancara, Amelia dan keempat temannya sibuk membantu seorang ibu penjual disana. Sambil kadang-kadang bergurau, mereka melipat kotak nasi dari seorang penjual nasi padang. Mereka bahkan mendapat suguhan es teh manis dan nasi padang. Sungguh liputan yang menyenangkan!

Tapi ternyata, pengalaman liputan mereka juga tak mulus. Sebelum bertemu dengan penjual nasi padang yang ramah, mereka sempat ditolak dua calon narasumbernya. “Ternyata begitu rasanya ditolak,” ujar Amelia terkekeh.

Saat sore menjelang, mereka saling berbagi pengalaman pertama turun ke lapangan. Ternyata tujuh kelompok lainnya juga punya kisah pengalaman menarik. Vincentius Ilo misalnya, ia dan kelompoknya harus kuat hati ketika ditolak oleh satpam di Stasiun Palmerah. Pantang menyerah, mereka melakukan berbagai cara hingga akhirnya mendapat empat narasumber.

Banyak pengalaman baru tak terlupakan yang akhirnya didapat para peserta Magangers Batch X. “Ini pengalaman pertama aku turun ke lapangan dan wawancara langsung,” ujar Amelia.

Sebagai penutup hari ketiga magang, peserta mendiskusikan tema liputan yang akan mereka lakukan keesokan harinya. Tiap-tiap kelompok akan melakukan peliputan dengan tema berbeda.

Mereka akan memilih sendiri tema yang diinginkan. Hasil liputan tersebut juga akan dijadikan tullisan dan didesain seperti bentuk koran sesungguhnya loh!

Seperti seperti apa ya karya jurnalistik para Magangers Batch X ?

Asry Sihombing, mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Brawijaya, Malang- Jawa Timur