Keindahan Tersembunyi Kota Cilacap

    0
    1295

    Haaiii Mudaers…..

    Pekan lalu, aku mendapat kesempatan untuk menyusuri Kota Cilacap, Indonesia. Penasaran kan, apa saja yang ada di kota industri yang berada di Jawa Tengah ini?

    Tentunya banyak yang mengira bahwa Cilacap merupakan tempat yang menyeramkan karena di sana terdapat penjara khusus narapidana kasus kejahatan berat. letak penjaranya ada di  Pulau Nusakambangan.

    Cilacap merupakan sebuah kota yang juga memiliki daerah terluas yang ada di Jawa Tengah. Cilacap merupakan kota industri yang selalu ramai, berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat, Cilacap juga merupakan daerah pertemuan budaya Jawa (Banyumasan) dengan budaya Sunda (Priangan Timur). Kota ini sering juga disebut sebagai AL Catraz-nya Indonesia karena Cilacap mempunyai Pulau Nusakambangan yang sangat eksotis dan menyeramkan.

    Jarak antara Jakarta dan Cilacap cukup jauh. Jika naik mobil bisa ditempuh dalam waktu 7 jam menggunakan mobil. Salah satu tempat wisata yang populer Pulau Nusakambangan dan Pantai Teluk Penyu.

    Wisata Pantai Teluk Penyu di Cilacap, Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

    Pantai Teluk Penyu memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di Kota Cilacap tidak mengunjungi wisata pantai yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

    Dahulunya pantai Teluk Penyu ini merupakan tempat hidup dan tempat berkembang biak bagi penyu-penyu. Keberadaan penyu inilah yang membuat pantai ini dinamakan Pantai Teluk Penyu. Jika beruntung, anda bisa menyaksikan tradisi sedekah laut yang rutin dilakukan oleh nelayan sekitar pantai.

    Di sekitar kawasan itu, terdapat hotel, pusat perbelanjaan souvenir, ikan asin dan ikan laut lainnya, tempat makan ikan laut yang enak-enak. Jangan khawatir dengan rasanya deh. Ya iyalah, Cilacap kan daerah potensi perikanan terbanyak.

    Foto Gregorius Aldi.

    Pengen cari suasana yang berbeda? Salah satu kawasan yang sering dikunjungi wisatawan, adalah Pulau Nusakambangan. Tidak banyak yang tahu kalau Cilacap memiliki pantai indah yang tersembunyi. Pantai ini terletak di pesisir Pulau Nusakambangan. Jika ada yang mengetahui Nusakambangan, pasti yang teringat hanyalan adanya penjara-penjara dan narapidana kelas kakap.

    Pantai Pasir Putih di Cilacap bisa kamu jangkau dari pesisir pantai Teluk Penyu Cilacap dengan perahu nelayan. Perahu yang digunakan merupakan perahu nelayan yang tidak beroperasi. Tapi tenang saja, beberapa perahu nelayan menawarkan life jacket untuk kemanan pengunjung. Perjalanan dari pesisir pantai teluk penyu kurang lebih 20 menit. Pasti akan menyenangkan bila kalian pergi bersama-sama dengan keluarga atau sahabat dekat.

    Untuk masuk ke Pantai Pasir Putih dan Benteng yang tersembunyi kalian harus tracking sekitar kurang lebih 3 km atau naik kendaraan motor trial . Kalau mau seru, aku saranin tracking. kalian tetap bisa menikmati pemandangan hutan-hutan, karena Masih ada beberapa monyet liar di sana, tapi mereka gak akan ganggu kok selama kamu juga gak ganggu.

    Nanti kalian akan berhenti di benteng. Jadi ceritanya dulu ini adalah benteng persembunyian Super Historical.  Benteng bersejarah ini, dahulu merupakan markas pertahanan tentara Belanda di Cilacap untuk menahan serangan musuh yang datang dari arah laut Selatan Pulau Jawa yang akan menguasai Cilacap. Pertahanan tentara Belanda di perkokoh dengan dukungan benteng-benteng yang lain di sekitarnya seperti Benteng Cepiring, Benteng Klingker, dan Benteng Karang Bolong yang berada di Pulau Nusakambangan.

    Foto Gregorius Aldi.

    Benteng Pendem mempunyai struktur bangunan yang terdiri dari beberapa bagian ruangan. Bagian ruangan yang ada di Benteng Pendem mempunyai fungsinya masing-masing. Namun semenjak ditemukannya benteng ini, ruangan-ruangan sepenuhnya belum bisa diketahui. Saat ini hanya beberapa ruangan yang secara umum dalam Benteng dapat teridentifikasi, seperti ruang barak tentara, ruang tahanan, benteng pertahanan, ruang rapat, ruang pengintai, klinik pengobatan, ruang senjata, ruang perwira, ruang dapur, ruang amunisi dan peluru.

    Setelah puas berkeliling di Benteng Pendem , kita bisa langsung turun sekitar 15 menit ke Pantai Pasir Putih yang berada dipesisir Pulau Nusakambangan , untuk langsung menikmati hamparan pasir putih , batu karang yang besar dan yang menarik adalah kita dapat menikmati sunset.

    Nah, gimana kisah jalan-jalannya, seru banget kan? Enggak perlu jauh-jauh ke luar negeri, banyak tempat cantik dan keren di Indonesia

    Foto Gregorius Aldi.

    Penulis : Gregorius Aldi Bagaskoro / Magangers Kompas Muda Batch 7