Terjun ke Lapangan Mencari Berita

0
406

Belajar menunggu itu tidaklah mudah tapi terkadang hal tersebut harus dilewati untuk menempa seseorang. Tim Fantasix yang termasuk dalam Magangers Kompas Muda Batch IX belajar tentang hal tersebut. Menunggu bukanlah sesuatu yang mudah bagi kami dikarenakan kami tidak terbiasa untuk duduk dan tetap berpikir optimis. Penantian kami lalu berakhir pada saat narasumber kami muncul dan dengan ramah menyapa kami.

Selain pengalaman menunggu, kami mendapatkan cerita baru pada saat meliput. Kami belum terbiasa berbicara dengan orang baru dan ada sedikit rasa takut menyelimuti kami, tapi narasumber kami, pemilik akun Instagram @ijoeel, yaitu Mas Ijul dan juga @lukiik, yaitu Mas Luki dengan mudah meruntuhkan ketakutan kami. Kami dengan cepat merasa nyaman berbicara dengan mereka dan kami juga sekaligus belajar tentang sifat dan keunikan mereka.

Kedua hal tersebut merupakan sesuatu yang terus terlihat pada saat kami wawancarai dan sopan santun dan tata krama mereka adalah suatu hal yang patut dicontoh. Tidak hanya itu saja, kami memiliki kesempatan untuk melihat secara langsung cara mereka mengambil sebuah foto. Sebuah kehormatan bagi kami untuk bisa melihat hal tersebut secara langsung. Tidak cukup dengan mengajar kami tentang fotografi, mereka juga mengajak kami untuk mengambil foto bersama.

Setelah menghabiskan waktu dengan mereka, kami memutuskan kembali ke Kantor Kompas. Disana kami berkumpul kembali dengan para Magangers lainnya. Kami lalu memulai sesi sharing di mana kami menceritakan tentang pengalaman yang didapat selama meliput. Banyak Magangers yang ternyata juga mengalami pengalaman yang sama dengan kami dalam soal menunggu, dan tidak sedikit yang menemui batu sandungan selama meliput. Setelah sharing kami lalu mendengarkan pendapat dari Mbak Susi dan Mbak Ida tentang langkah selanjutnya yang harus kami ambil dan juga saran-saran yang dapat membantu kami.

Kami menyempatkan berfoto dengan narasumber.

Setelah mendengarkan sharing dari teman-teman Magangers lain-nya, tim fantasix kembali berdiskusi tentang pekerjaan yang akan dilakukan pada esok hari dan pembagian tugas tiap anggota kelompok. Pengalaman yang didapatkan pada hari ini bukan hanya membentuk kami untuk menjadi reporter yang lebih baik, tapi juga menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Indira Maretta Hulu

Kelompok Fantasix

Magangers Kompas Muda Batch IX

SMAK 7 BPK Penabur Jakarta