Sehat Bersama Kompas Corner

0
423

Rangkaian acara HUT Kompas Corner keempat berlanjut. Kesempatan kali ini, tidak ada sangkut pautnya dengan tema jurnalis seperti acara seminar dan lokakarya dua minggu lalu. Kompas Corner menggandeng UMN Medical Centre dalam pelaksanaan program Corporate Social Responsibility (CSR) pada Selasa (16/5) di halaman Kantor Kelurahan Medang. CSR yang bertajuk ‘Medang Sehat’ didukung oleh Rumah Sakit St. Carolus Gading Serpong.

Program ini bukan semata untuk merayakan HUT Kompas Corner tetapi bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga tentang pentingnya kesehatan. Dari riset yang dilakukan oleh tim Kompas Corner bersama UMN Medical Centre, ditemukan cukup banyak warga yang memiliki masalah kesehatan.

Tampak antusiasme warga begitu besar terhadap acara ini. Sekitar setengah jam sebelum acara dibuka, ada dua orang ibu yang sudah duduk menunggu setelah mengambil nomor antrean. Acara dibuka tepat pukul sembilan, diawali dengan doa bersama yang dipimpin seorang ustadz. Dilanjutkan dengan sambutan dari Rizki Fachzi, lurah setempat.

“Saya sangat tercengang dengan adanya kegiatan ini. Ternyata masih ada muda mudi yang intens terfokus pada pemberdayaan masyarakat khususnya masalah kesehatan,” tuturnya yang diiringi tepuk tangan meriah dari warga yang datang.

Warga yang datang mengambil formulir di beranda kelurahan, lalu duduk di kursi antrean yang telah disediakan menunggu dipanggil oleh panitia. Setelah dibacakan nomornya, mereka dipersilahkan masuk untuk menyerahkan formulir ke meja registrasi. Diprioritaskan bagi pemilik kupon dari Kompas Corner terlebih dahulu. Bagi yang tidak mendapatkan kupon, mendapatkan kesempatan mulai pukul sebelas.

Pihak St. Carolus mendatangkan sebuah tim yang terdiri dari enam orang, di antaranya dua dokter, seorang apoteker, perawat dan dua orang yang membantu administrasi. Warga yang datang dapat berkonsultasi lebih lanjut mengenai keluhan seputar masalah kesehatan kepada dokter yang disediakan setelah diukur tinggi dan berat badannya. Dari keluhan tersebut, mereka akan diberikan obat-obatan secara gratis sesuai takaran yang telah disesuaikan oleh apoteker.

Tim UMN Medical Centre menyediakan sejumlah fasilitas yang mendukung kegiatan ini seperti ranjang medis, Timbangan dan alat tensi. Mereka mendatangi hampir keseluruhan warga yang sedang menunggu antrean untuk mendemostrasikan langkah yang tepat dalam mencuci tangan. Warga diajak untuk mengikuti gerakan mencuci tangan menggunakan cairan antiseptik yang dilakukan oleh tim Medic.

“Kita harus melihat bahwa sudah sepantasnya manusia bermanfaat bagi sesamanya tanpa memandang perbedaan ras, agama dan menjauhkan ego. Semoga acara ini menjadi hal yang bersifat kontinuitas. Kami mewakili warga Medang mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi kegiatan hari ini. Ke depannya semoga ada lagi kegiatan semacam ini,” ujar Rizki ketika ditanya tentang harapan untuk program ini.

Sebelum pulang, warga diminta menukarkan kupon dengan goodie bag dari Kompas sebagai ucapan terima kasih atas partisipasi dan waktu yang dibetikan untuk mengikuti acara ini. Acara ini selesai pada pukul dua siang. Ditutup dengan acara foto bersama seluruh panitia Kompas Corner, UMN Medial Centre, tim St. Carolus dan jajaran staf Keluarahan Medang.

 

Reporter: Christofer Felix

Editor: Herlina Anace Yawang

Fotografer: Nathanael Pribady