Era Konvergensi: Jurnalis Harus Multimedia

0
1369

SERPONG, KOMPAS CORNER – Sejak mewabahnya digitalisasi ke seluruh dunia, media masa kini berkembang cukup pesat. Media konvensional merambah ke berbagai bidang seperti website dan media sosial. Perkembangan teknologi telah menyebabkan terjadinya konvergensi media. Konvergensi Media adalah aksi integrasi antar media untuk mencapai satu tujuan, yaitu menyampaikan informasi secara praktis. Topik inilah yang dijadikan tema pada seminar “Televisionair” pada perayaan hari ulang tahun UMN TV yang diselenggarakan di Lecture Hall Universitas Multimedia Nusantara (16/3).

“Jurnalis di era milenial tidak diharapkan bekerja secara sektoral. Mereka harus dapat melakukan kerja ganda. Misalnya, konten televisi dapat dipakai sebagai konten radio, laman dalam jaringan, dan media sosial,” ungkap Agus Sunarto, VOA Indonesia.

Tantangan konvergensi media bukanlah hal yang mudah. Helmi, selaku produser eksekutif VOA Indonesia yang berbicara langsung dari Washington D.C. melalui Skype, mengatakan bahwa wartawan senior seperti dirinya pun terkadang masih bekerja secara sektoral. Namun, poin yang diutamakan adalah saling berbagi konten yang dapat digunakan di berbagai bidang secara bersamaan.

Konvergensi adalah suatu keniscayaan atas perkembangan teknologi. Kita ambil contoh, ponsel cerdas; alat yang dapat melakukan konvergensi media dengan baik. Ponsel cerdas dapat digunakan untuk mendengarkan radio, menonton streaming, merekam video, memotret, bahkan melakukan siaran digital. Dengan segala fasilitas yang dimiliki, seorang jurnalis dituntut memiliki keterampilan dalam bidang multimedia.

VOA dan Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Amerika (PPIA) menawarkan fellowship program, sebuah wadah untuk jurnalis muda Indonesia yang berpengalaman kerja kurang dari tiga tahun. Program ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan kesempatan bagi jurnalis muda untuk bekerja dan menambah pengalaman. Namun tidak sembarang orang dapat mengikuti kesempatan emas ini. Jurnalis muda yang berhasil masuk ke dalam tahap seleksi akan dikirim ke kantor VOA yang berlokasi di Washington D.C. Mereka akan bekerja selama enam bulan penuh. Pekerjaan yang diberikan memuat tiga bidang, yaitu radio, televisi, dan media digital. Dengan peran seperti itu, jurnalis muda yang telah terpilih diharapkan dapat menumbuhkan keterampilan di tiga bidang sekaligus.

Walaupun media konvensional telah berkonvergensi, masa depannya belum dapat dipastikan akan menjadi seperti apa. Maka dengan itu, kita masih harus memperhatikan dan terus beradaptasi dengan perkembangan situasi teknologi.

 

Reporter: Christofer Felix

Photographer: UMN TV

Editor: Edwin