Berkah Ramadhan Saat Magang

0
768

TIMIKA, KOMPAS CORNER – Dalam rangka hari raya Idul Fitri 1437 H, umat muslim bersama masyarakat rukun agama di kota Timika, Papua melakukan pesta kemenangan ini dengan saling melengkapi. Tidak sedikit warga yang melakukan budaya mudik untuk bertemu dengan sanak saudara di kota berpendudukan 305.000 ribu orang ini. Mahasiswa tingkat akhir juga memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Dengan mendaftarkan diri sebagai siswa magang, mahasiswa dapat mempraktikan secara langsung ilmu yang telah diberikan selama masa pembelajaran di universitas. Terlebih lagi, mahasiswa juga dapat meningkatkan keterampilan khusus di kantor, yang dapat menjadi bekal setelah lulus kelak.

Sebagai pendatang baru di kantor, terkadang tidak mudah untuk menjalin hubungan pertemanan. Hal ini dikarenakan banyaknya kolega yang terlampau senior dibanding para mahasiswa. Rasa sungkan dan ketidakbebasan menyampaikan pendapat pun tak terhindarkan. Namun, permasalahan ini dapat diatasi dengan komunikasi yang baik dan hubungan yang sehat.

Silaturahmi antar karyawan PT Freeport Indonesia bersama keluarga, yang dihadiri oleh beberapa mahasiswa magang (6/7).
Silaturahmi antar karyawan PT Freeport Indonesia bersama keluarga, yang dihadiri oleh beberapa mahasiswa magang (6/7).

Hari kemenangan yang jatuh di tengah masa magang ini dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh Helena Yawang, mahasiswi magang PT Freeport Indonesia, untuk bersilaturahmi dengan rekan sepekerjaan. Dalam wawancaranya bersama Kompas Corner, mahasiswi Public Relations Universitas Multimedia Nusantara ini mengatakan bahwa dirinya dapat mengenal lebih banyak lagi pemimpin departemen dengan ikut bersalam-salaman.

“Sebagai humas masa depan, saya rasa penting sekali untuk dapat mengenal masyarakat di sekitar perusahaan tempat saya bekerja, terlebih khusus para stakeholders. Namun, hubungan ke luar akan baik, ketika kita sudah memiliki hubungan baik ke dalam terlebih dahulu” tutur Helena (07/07).

Bersama 3 mahasiswi magang lainnya dari Universitas Sam Ratulangi Sulawesi Utara, Helena merasa sangat terbantu dengan kegiatan Halal Bi Halal ini. Karena untuk bertemu dan berbincang dengan petinggi departemen bukan hal yang mudah.

Dengan demikian berkah Ramadhan itu dapat dirasakan bukan hanya oleh kaum muslim, tetapi juga antar umat beragama.

 

-Selamat Idul Fitri 1437 H-

 

Penulis: Herlina Anace Yawang

Fotografer: Helena Yawang

Editor: Editorial Kompas Corner