Ternyata, Ide untuk Menulis Bisa Datang dari 4 Hal Berikut!

0
4486

SERPONG, KOMPAS CORNER — Ingin menghasilkan karya tulis tapi tidak tahu harus memulai dari mana? Banyak calon penulis yang menanyakan hal ini. Bahkan ketiadaan ide ini memunculkan pertanyaan baru, haruskah mencari ide sebelum menulis atau menulis terlebih dulu? Ide seringkali datang tanpa ancang-ancang, namun tak ada salahnya jika kita yang mencoba mendatangkan ide tersebut. Berikut beberapa cara untuk mendatangkan ide sebagai bahan tulisan.

      1. Pengalaman

Pengalaman bisa menjadi salah satu sumber inspirasi yang cukup mudah untuk digali sebagai bahan karya tulis. Penulis dapat mengangkat pengalaman pribadinya ataupun pengalaman milik orang lain sebagai bahan tulisan. Selain mudah ditemui, alur cerita yang akan terbangun nantinya akan lebih mengalir dan realistis mengingat hal itu benar-benar terjadi. Kamu bisa mengubah beberapa bagian seperti nama, tempat, atau kejadian. Menariknya, kamu juga bisa menciptakan ending versimu sendiri, lho!

     2. Referensi dari luar

Bahan tulisan tak melulu bersumber pada pengalaman. Hal-hal menarik yang pernah kalian temui melalui berita, buku, koran dan beragam sumber juga bisa kok dijadikan bahan penulisan yang menarik! Tak hanya memperkaya wawasan dan inspirasi, namun referensi juga mendorong kamu untuk menjadi insan yang lebih kreatif. Meskipun terinspirasi dari karya tulis milik orang lain, bukan berarti kamu dapat membuat karya tulis yang serupa atau plagiat. Amati karya tulis milik orang lain, kemudian catatlah hal-hal yang menarik dari karya tulis tersebut, seperti latar tempat, karakter tokoh, dan sebagainya. Usai mendapatkan hal-hal menarik, kamu bisa memanfaatkannya sebagai bahan tulisan yang bisa kamu kembangkan lebih luas. Buatlah fanfiction sebagai permulaan ceritamu.

     3. Imajinasi

Imajinasi bisa datang dan menyergap pikiran kita kapan dan dimana saja. Bahkan, ide karya tulis bisa juga bersumber dari lamunan sejenakmu lho! Oleh karena itu, segera tuangkan imajinasimu ke dalam bentuk tulisan singkat sehingga nantinya imajinasi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan tulisan yang menarik.

     4. Mimpi

Mimpi alias bunga tidur juga tak kalah menariknya dengan sumber referensi yang kalian temui kok! Terdapat cara tersendiri untuk mengangkat mimpi menjadi bahan karya tulismu, salah satunya ialah daya ingat yang baik terhadap mimpi. Dalam hal ini, kamu perlu mengingat dengan baik peristiwa dalam mimpi ketika kamu telah terbangun. Mengingat mimpi susah-susah gampang lho! Untuk itu, kamu perlu melatih ingatanmu dengan baik. Salah satu penulis yang berhasil mewujudkan mimpinya menjadi karya tulis ialah Stephanie Meyer. Ya, kisah Bella Swan dan Edward Cullen itu awalnya berasal dari bunga tidur Stephanie guys!

 

Demikian cara-cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan ide tulisan. Jadi, sudah siap untuk menulis cerita versimu sendiri?

 

Penulis: Monica Devi Kristiadi

Editor : Editorial Kompas Corner UMN

Referensi: Torashyngu, L., Widjajanto, D. 2012. When Author Meets Editor. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.