Serpong, 22 April 2016 – Kompas Corner sebagai wadah kreativitas anak muda yang didirikan oleh harian Kompas akan kembali merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-3 pada 2 Mei 2016 mendatang. Dalam perayaannya tahun ini, Kompas Corner mengundang masyarakat umum maupun mahasiswa untuk mengikuti rangkaian acara HUT Kompas Corner, yaitu berbagai kompetisi, seminar, serta workshop yang diadakan di Universitas Multimedia Nusantara.

Tema yang diangkat dalam rangkaian acara HUT Kompas Corner tahun ini ialah Literacy : From Noise to Creative Ideas. Lemahnya budaya literasi di Indonesia diperkuat oleh sejumlah fakta penelitian, mengenai minat baca masyarakat Indonesia yang masih lemah. UNESCO bahkan melansir hasil penelitiannya di tahun 2012 tentang minat baca, yaitu hanya ada 1 dari 1000 orang Indonesia yang memiliki minat baca yang tinggi terhadap buku. Lebih lanjut, dikutip dari harian Kompas pada 21 April 2016 bahwa berdasarkan survei pada 61 negara yang dilakukan oleh Connecticut State University, Indonesia menduduki peringkat ke-60 dalam hal minat baca. Tidaklah mengherankan apabila hal ini juga akan mempengaruhi daya saing masyarakat Indonesia dalam menghadapi tantangan global.

Vincentia Sulyana Andikko selaku Program Manager Kompas Corner menyatakan bahwa “Acara ini berangkat dari kepedulian harian Kompas terhadap dunia literasi dan mendorong anak muda untuk membaca. Tidak hanya itu, dalam era yang serba digital dan instan sekarang ini, anak muda perlu dibekali dengan pengetahuan penting mengenai bagaimana validasi sebuah berita agar tidak mudah terprovokasi akibat salah informasi”.

Berangkat dari fakta-fakta itulah, Kompas Corner tahun ini sengaja memilih tema “Literasi” untuk “memupuk” kembali semangat dan budaya literasi di Indonesia. Rangkaian acara HUT Kompas Corner, terdiri dari satu seminar pleno dan lima kelas lokakarya (workshop) yang diselenggarakan secara paralel pada tanggal 2 Mei 2016, mulai dari pukul 09.00 – 18.00 WIB. Tiap peserta dapat memilih sesi lokakarya (workshop) yang sesuai dengan minat (passion) masing-masing. Kelas lokakarya (workshop) akan berlangsung dengan peserta maksimal 25 orang agar berlangsung lebih intensif sehingga penyerapan ilmu akan lebih maksimal.

Hadir dalam seminar pembuka, Pemimpin Redaksi Kompas.com, Wisnu Nugroho yang akan membawakan materi bertajuk “Slow Journalism”. Dalam kesempatan ini, Wisnu Nugroho akan berbagi pengalamannya sebagai wartawan dalam mempraktekkan kaidah-kaidah jurnalistik, seperti misalnya pentingnya kedalaman informasi serta validasi sebuah pemberitaan dan juga inovasi yang baru-baru ini dilakukan oleh Kompas.com yakni penjelasan mengenai Video Interaktif Kompas (VIK) yang menyajikan berita dari sudut pandang berbeda.

Selain itu, secara paralel digelar juga berbagai lokakarya (workshop) menarik dengan tema-tema seputar literasi, diantaranya “How to Conduct Critical Interview”, yang akan lebih dalam membahas mengenai teknik wawancara kritis seorang pembawa berita (news anchor) bersama Timothy Marbun dan Dentamira Kusuma yang keduanya berasal dari Kompas TV. Lalu ada juga lokakarya (workshop) tema “Write Your Memorable Travel Stories”, bersama dengan Budi Suwarna yang merupakan Wartawan Kompas yang akan mengulas tuntas teknik penulisan travel story agar terlihat lebih atraktif dan profesional.

Selanjutnya bagi peserta yang “penasaran” dengan proses penelusuran dibalik berita, Kompas Corner pun membuka kelas lokakarya (workshop) dengan tema “Design Your Research Proposal”, yang dibawakan oleh Suwardiman selaku Kompas Researcher, yang akan membahas mengenai prinsip dan proses riset suatu topik dalam menulis proposal penelitian. Ada pula lokakarya (workshop) dengan tema “Communicate Yourself Through Theatre” yang menekankan pembahasan pada teknik penulisan dan penghayatan naskah drama serta bagaimana kaitannya dengan literasi media. Kelas ini akan mengundang Ine Febriyanti (Aktris dan pemain teater) serta Putu Fajar Arcana (Redaktur Kompas Minggu).

Juga tak ketinggalan adalah lokakarya (workshop) bertemakan “Design Your Media Brand” yang di dalamnya akan menjelaskan mengenai tips dan trik mendesain sebuah majalah yang bernuansa kekinian serta kaitan desain (lay out) dengan bisnis semua majalah. Sesi ini akan dibawakan oleh Dani Satrio (Pemimpin Redaksi HAI Magazine) dan Freska Paramita (Art Director HAI Magazine). Kelima workshop tersebut akan diselenggarakan secara bersamaan pada pukul 13.00-17.30 di Universitas Multimedia Nusantara (Gedung C lantai 10).

Upaya Kompas Corner dalam memajukan literasi tanah air tentunya tak sebatas pada pelaksanaan seminar dan lokakarya (workshop). Kompas Corner juga mendorong para generasi muda untuk menunjukkan minatnya di bidang literasi dalam bentuk kompetisi. Dalam kompetisi video, peserta ditantang untuk membuat video dengan tema “Berubah Bersama Literasi” dengan durasi maksimal tiga menit. Selain itu, ada juga kompetisi foto via Instagram yang mengajak anak muda untuk mendiseminasi mengenai buku yang menginspirasi mereka melalu tagar #BookThatInspiresMe dan #BerubahBersama. Informasi lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan kompetisi dapat diakses di laman kompasmuda.com/kompas-corner dan juga akun Instagram/Twitter/LINE @kompascorner

Keterangan Lebih Lanjut:
Email : Kcorner.umn@kompas.com

Reka: 0896-0582-1522