EKSOTISME PULAU SUMBA

0
1179

Pulau Sumba. Apa yang ada dalam benak pembaca ketika mendengar kata pulau Sumba? Ya, kain tenun khas Sumba. Kain tenun khas Sumba menjadi daya tarik sendiri untuk wisatawan. Ciri khas dan corak yang ada dalam sehelai kain ini mampu menjadi magnet bagi wisatawan lokal maupun manca negara untuk mengunjungi pulau sumba. Namun, tau kah anda bahwa selain kain tenunnya yang indah, pulau Sumba juga memiliki tempat tempat dengan pemandangan alam yang tak kalah indah.

Pulau Sumba adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia dengan luas wilayah 10.710km persegi dan titik tertinggi pulau ini ada pada gunung Wanggameti (1225m). Secara administratif Pulau Sumba terdiri dari 4 kabupaten: Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sumba Tengah, dan Kabupaten Sumba Timur.

Satu dari keempat kabupaten yang memiliki keistimewaan pada wisata alamnya yag masih murni dan jarang dikunjugni wisatawan adalah pada Kabupaten Sumba Barat Daya. Kabupaten Sumba Barat Daya ini memiliki tempat-tempat yang sangat indah dan dapat dijadikan tempat untuk menenangkan diri untuk siapa saja yang merasakan stres. Berikut ini wisata alam di Sumba Barat Daya yang sangat eksotik, namun jarang dikunjungi wisatawan :

  1. Danau Weekuri

Danau ini terletak di kawasan Kodi Utara. Danau ini merupakan salah satu objek wisata paling unik karena air di danau ini terasa asin, tidak seperti danau-danau lain yang airnya terasa tawar. Air danau ini terasa asin karena langsung dari laut. Air laut itu masuk ke sela gugusan karang yang membentangi danau sehingga membentuk lingkaran besar menyerupai kolam raksasa dan ditumbuhi berbagai jenis tanaman tepi pantai.

 

Selain keunikan pada rasa airnya, di danau ini juga terdiri dari banyak sumber mata air sehingga warnanya bervariasi, ada yang cerah, agak hijau, dan gelap. Selain itu air di danau ini ada yang dingin dan juga ada yang hangat. Wisatawan juga bisa bebas mandi dan bereang di danau ini dengan segenap peraturan yang ada.

  1. Pantai Mandorak

Pantai Mandorak terletak di Desa Kalena Ronggo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT. Lokasi Pantai Mandorak sangat tersembunyi dan jarang dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara karena untuk mencapainya dibutuhkan perjuangan yang sangat sulit.

  1. Air Terjun Pabeti Likora

Air terjun ini terletak di Ddesa Delo, Kecamatan Wawewa Selatan, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT. Air terjun ini merupakan air terjun betingkat tiga setinggi 20 meter. Air terjun ini berjarak kurang lebih 45 km dari pusat kota.

 

Itulah 3 objek wisata di Sumba yang bisa menjadi alternatif bagi anda yang mau berlibur.

by : Bernadina Triska Wianto XIIB/5

SMA Kolese Loyola Semarang