KOMPAS CORNER: Bawa Manfaat di Tahun Pertama

0
2054

Kemeriahan menemani perayaan hari jadi Kompas Corner Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Dilaksanakan bersamaan dengan Dies Natalis Ke-4 Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, rangkaian ulang tahun Kompas Corner Fikom Widya Mandala berlangsung awal September lalu. Bertempat di Kampus Dinoyo UKWMS, sambutan dan harapan untuk Kompas Corner disampaikan perwakilan bisnis Kompas di Jawa Timur, Ardani Hendarta.

”Sebagai produk kerja sama antara Kompas dan Fikom, harapannya ke depan Kompas Corner Fikom Widya Mandalan semakin dikenal dan berfungsi maksimal bagi mahasiswa, akademisi, serta masyarakat luas sebagai perwakilan dari Kompas,” ujarnya saat memberi sambutan.

Yuli Nugraheni, Dekan Fikom UKWMS menyatakan, selama setahun ini, Kompas Corner tengah berjalan untuk mewujudkan harapan awal harian Kompas dan Widya Mandala. Di awal, Kompas Corner masih mencari pola agar bermanfaat. Sekarang pola sudah jadi. Ide-ide kreatif sudah muncul untuk membuat mahasiswa berkembang dan terus belajar mengenai ilmu komunikasi.

”Perlahan tapi pasti, Kompas Corner Fikom Widya Mandala menjadi tempat terpadu untuk mengkaji media dan mengakses berbagai platform Kompas,” ujarnya saat ditemui di sela-sela acara Dies Natalis Fikom dan Kompas Corner. Indah Handayani, seorang pengunjung Kompas Corner, menimpali, dengan adanya Kompas Corner, kini ada ruang belajar yang mendukung pembelajaran dan kegiatan perkuliahan. ”Ada Pusat Informasi Kompas berisi data dan semua dokumentasi edisi harian Kompas, ada buku-buku bacaan juga. Jadi membantu banget,” ujar mahasiswa semester VII Fakultas Ilmu Komunikasi UKWMS ini.

Senada dengan Indah, Theresia Intan Putri, Koordinator Kompas Corner Fikom Widya Mandala, menambahkan, dari sisi internal, Kompas Corner memperluas divisi para pengurus. ”Kalau dulu hanya berfokus pada penyelenggaraan kegiatan, dalam waktu dekat kami akan terjun dalam bidang jurnalistik. Menurut rencana, kami akan membuat rubrik yang harapannya bisa diluncurkan Oktober nanti,” ujarnya. Untuk meramaikan acara ulang tahun Kompas Corner, diadakan Kompas Corner Photobooth Competition. Peserta berfoto kreatif di booth yang telah disediakan Kompas Corner, lalu mengunggah fotonya ke Instagram masing-masing dengan tanda pagar #KCFikomWM dan #KC1stAnniv. Antusiasme peserta tampak dari banyaknya orang yang berfoto di booth. Antusiasme ini seperti menjadi tanda manfaat yang bisa didapat dari Kompas Corner.

(Tim ”Kompas” Corner Widya Mandala)