GKOSMIC SMAN 70: Gelar Kreativitas dengan Daya Sendiri

0
2512

Ada yang lain dari cara SMAN 70 merayakan ulang tahunnya, lebih dari sekadar upacara atau potong tumpeng. Untuk perayaan itu, setiap tahun warga SMAN 70 menggelar pentas seni. Pentas seni ini dikenal dengan nama Gelar Kreativitas.

Gelar Kreativitas atau lebih singkat disebut GK adalah agenda SMAN 70 yang tak pernah absen diselenggarakan. Sekilas terdengar seperti pensi biasa, tetapi sebenarnya berbeda. GK merupakan pensi internal alias tidak semua orang dapat menghadirinya. Acara ini diperuntukkan khusus bagi warga SMAN 70, seperti siswa, guru, karyawan, dan alumni. Itu sebabnya, GK juga kerap menjadi ajang reuni.

Meskipun GK tidak memungut biaya, penonton tetap disuguhi penampilan-penampilan bintang tamu yang umumnya artis dan band papan atas. Setiap tahun, GK punya tema berbeda-beda dan diberi nama unik. GK tahun 2014 lalu bertema outer space (luar angkasa) dan diberi nama GKosmic.

Para panitia GKosmic akan berbagi pengalaman mereka seputar proses pembuatan GK.

Langkah pertama memilih ketua melalui voting. Setelah itu barulah disusun bagan kepanitiaan. Selanjutnya panitia harus memilih tema yang akan diangkat. Tidak boleh sembarang karena harus bermakna atau mewakili tujuan positif panitia membuat GK. Setelah tema dan nama GK dipilih, barulah panitia bisa bekerja.

Lalu, ada satu istilah khusus yang dinamai ”spesialisasi”. Dalam spesialisasi ini, ketua GK akan bertemu ketua-ketua GK dari tahun-tahun sebelumnya untuk konsultasi. Para ketua GK terdahulu menjelaskan mulai dari proses, hambatan, hingga saran-saran. Spesialisasi ini juga dilakukan setiap ketua seksi bidang lain. Tujuannya agar para panitia memiliki konsep sebelum mereka terjun ke bidang masing-masing. Selama proses ini, panitia juga dibimbing guru.

Dalam penyelenggaraan acara, kami harus menyesuaikan situasi dan kondisi. Di SMAN 70, kami sebagai siswa sekaligus panitia selalu dituntut bekerja secara transparan dan efektif. Yang paling penting adalah keuangan. Berhubung keuangan adalah subyek paling sensitif, kami selalu mencatat berbagai macam pengeluaran, baik besar maupun kecil. Hal ini unsur yang penting sebab kesuksesan acara salah satunya bergantung pada keuangan.

Terkadang kami dihadapkan pada rintangan yang sangat sulit. Kadang butuh berminggu-minggu untuk mendapat solusi. Namun, tak satu pun dari hal itu dapat memudarkan semangat kami. Kami yakin, keteguhan dan kerja keras kami akan terbayar.