LANA DEL REY: Lagu Sinematik

0
1049

Belum lama menikmati album Ultraviolence yang diluncurkan 2014, penggemar Lana Del Rey sudah dikejutkan dengan calon album baru di 2015 ini berjudul Honeymoon. Salah satu lagu baru yang ia tulis menjadi lagu utama dalam film teranyar Tim Burton, Big Eyes.

”Aku menggemari film-film Tim Burton, dan itu diketahui Harvey (Weinstein), produser film itu. Dia memintaku membuat lagu dengan frase big eyes di bagian refrain. Setelah jadi, Tim mau mendengarnya, dan dia menyukainya,” kata Lana yang bernama lahir Elizabeth Woolridge Grant ini kepada Billboard. Lagu-lagu Lana di tiga album sebelumnya, yang mengalun pelan cenderung kelam, disebut banyak pengamat sangat sinematik. Pada 2013, lagu karangannya, ”Young and Beautiful”, menghiasi film besutan Baz Luhrmann, The Great Gatsby. Awal tahun lalu, Lana menyanyikan lagu lawas, ”Once Upon a Dream”, untuk film Maleficent.

Lagu ”Big Eyes” itu mewakili warna dalam album terbarunya nanti. Lana mengatakan telah menulis sembilan lagu. Namun, tak cuma itu. Lana juga merekam tembang lama ”Don’t Let Me Be Misunderstood” yang pernah dipopulerkan Nina Simone. Secara keseluruhan, kata Lana, album barunya nanti cenderung terdengar seperti dua album awalnya, Born to Die dan Paradise.

Lagu ”Big Eyes” dinominasikan sebagai soundtrack terbaik pada ajang Golden Globe. Lagu itu juga diperkirakan melenggang masuk dalam penghargaan Academy Awards, yang nominasinya diumumkan 15 Januari mendatang. (HEI)

 

Artikel ini di muat di rubrik Nama & Peristiwa, Harian Kompas