Asyiknya Menikmati Wisata Alam di Puncak Gunung Api Purba

0
308

Bicara tentang wisata, siapa yang tidak tertarik? Apalagi kalau hobinya travelling, pasti sangat antusias. Untuk menjadikan rasa penasaran tersebut setiap tempat memiliki pesonanya sendiri-sendiri untuk memikat para traveller ataupun wisatawan. Dilihat dari keanaekaragaman wisata yang membuat mata memandang takjub. Terlebih lagi dengan wisata alam.

Panorama wisata alam tersendiri memiliki daya pikat yang cukup tinggi. Pemandangan yang disajikan cukup membuat para wisatawan tak lelah untuk memandang. Sekedar memandang dengan mata telanjang atau mengabadikan dengan ponsel atau kamera masing-masing.

Salah satu wisata alam yang ada di Indonesia adalah wisata alam Gunung Api Purba yang terletak di Desa Nglanggeran kabupaten Gunung Kidul. Wisata alam yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri. Untuk melihat keindahan pemandangan yang ada disana, kita harus menaiki gunung sampai ke puncaknya.

Perjalanan menuju tempat wisata tersebut sebenarnya mudah karena lokasinya tidak jauh dari kota Yogyakarta. Jaraknya sekitar 24 km dari pusat kota Yogya dan lama perjalanan sekitar satu jam dengan mengendarai sepeda motor.  Adapun untuk tiket masuk juga terjangkau, sebesar Rp. 15.000.- per orang.

Kemudian, untuk sampai puncak gunung kita musti menempuh perjalanan selama sekitar  satu setengah jam (jalan santai), karena, tingggi puncaknya 700 meter dibawah permukaan laut. Perjalanan tidak akan terasa melelahkan kalau kita bersama banyak kawan apalagi jika satu rombongan saat menuju puncak.

Juga jangan lupa membawa bekal makanan dan air minum (paling tidak satu liter atau sesuai kebutuhan) agar tidak kelaparan dan kehausan di sepanjang perjalanan. Kalau misalnya kalian lupa membawa bekal, di sana ada warung jual makanan dan minuman. Jadi bisa juga membeli dulu.

Selain cukup bekal, punya fisik kuat, cukup istirahat menjadi hal penting mengingat di  sepanjang perjalanan kita akan mendapat banyak tantangan untuk menuju puncak gunung.

Inilah terowongan sempit, sebelum mencapai puncak Gunung Api Purba. Foto : dokumentasi pribadi

Salah satu tantangan itu, ada sebuah jalan yang mengharuskan kita melewati terowongan sempit. Kondisi itu sempat membuat greged dan deg-degan loh. Itulah tantangan yang harus dihadapi. Selain itu juga harus hati-hati karena banyak batu yang licin. Apalagi kalau habis hujan, jalan ke atas juga licin.

Ada tiga pos yang disediakan untuk beristirahat, sebelum sampai puncak. Ketika sampai puncak, kita akan mendapat sajian panorama sangat indah. Keindahannya itu bakal membuat kita lupa terhadap tantangan yang tadi sempat membuat takut untuk menuju puncak tersebut.

Sungguh perjalanan menuju puncak gunung tersebut seperti kata pepatah “bersusah-susah dahulu, Bersenang-senang kemudian”.

Bagian puncak Gunung Api Purba. Foto : dokumentasi pribadi

Ketika sampai di atas, pemandangan dari puncak gunung membuat kita tidak ingin turun. Kita bisa melihat keindahan alam. Pohon-pohon yang menjulang, sawah-sawah dan jalan yang berkelok-kelok. Di puncak gunung api purba ini juga disediakan ground untuk para wisatawan yang ingin berkemah disana. Ada sekitar tiga hingga empat tempat perkemahan yang disediakan.

Wisata alam ini bisa jadi tempat persinggahan untuk sekedar melepas penat sekaligus bersenang-senang dengan teman-teman.

Amika Khoirun Nikmah, mahasiswi Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta