Tips Makan Cerdas di Restoran

43
146

Makan dapat menjadi waktu yang paling pas untuk menghabiskan waktu bersama dalam berbagi kedekatan. Banyak restoran di mal-mal yang menyajikan ruangan dan suasana yang pas untuk hangout.

Dengan ditemani santapan atau minuman, kita dapat menghabiskan waktu berjam-jam sambil bercerita dan bercanda-ria. Namun tidak jarang ketika berada di restoran kita tidak memperhatikan pesanan kita sehingga menyebabkan kita memesan terlalu banyak makanan. Hal ini tentunya sangat merugikan baik bagi restoran dan pelanggan restoran karena bukan hanya uang yang terbuang tapi juga bahan makanan yang masih dapat digunakan oleh restoran. Oleh karena untuk mencegah hal tersebut, terdapat cara simpel untuk mengatasi agar makanan tidak terbuang ketika makan di restoran.

  1. Buat rencana porsi makanan yang dipesan

Hal ini banyak dianggap sepele oleh banyak orang namun nyatanya banyak orang yang memesan makanan langsung tanpa memikirkannya terlebih dahulu. Ketika lapar maka otak tidak dapat merasionalkan pikiran terhadap kapasitas yang dapat ditampung oleh tubuh.

Hal inilah yang menyebabkan jumlah makanan yang dipesan terkadang melebihi jumlah yang sanggup untuk ditampung oleh tubuh. Untuk itulah, akan lebih baik apabila sudah merencanakan terlebih dahulu disesuaikan dengan porsi makan sehari-hari yang ideal.

  1. Makanlah pelan-pelan

Tubuh memerlukan waktu untuk memproses makanan yang kita makan. Ketika tubuh kita telah mendapatkan cukup nutrisi yang dibutuhkan, maka otak akan memberikan sinyal kenyang kepada tubuh. Namun sinyal ini memerlukan waktu untuk diterima oleh tubuh.

Itulah mengapa kita merasakan kekenyangan ketika kita makan terlalu cepat. Akan lebih baik apabila kita makan perlahan agar tubuh dapat mengolah makanan tersebut secara maksimal. Juga agar kita tidak kekenyangan dan menyisakan makanan.

  1. Berhenti Makan Sambil Minum

Ketika makan, ada kalanya kita merasakan kehausan. Hal ini adalah wajar. Namun akan lebih baik apabila kita tidak minum terlalu banyak ketika makan. Kenapa? Karena ketika kita makan sambil minum, maka kita akan merasakan kembung sehingga kita tidak dapat makan secara maksimal.

Disisi lain, makan sambil minum akan menghambat pencernaan kita. Oleh sebab itu, akan lebih baik untuk mengurangi makan sambil minum.

  1. Memesan makanan secara bertahap

Setiap orang memiliki kapasitas makan yang berbeda-beda. Ada yang mampu untuk makan dalam jumlah porsi besar namun juga ada orang yang hanya mampu menampung porsi makan sedikit. Akan lebih baik untuk memesan makanan sedikit dan menambahnya ketika sudah habis daripada memesan banyak sekaligus namun masih tersisa. Selain menghemat isi dompet, ini juga dapat membantu mengurangi makanan yabg dibuang oleh restoran.

Demikianlah tips-tips untuk makan cerdas di restoran. Selain ramah di dompet, tips ini juga ramah bagi lingkungan kita. Generasi cerdas stop buang makanan!

Jenny Ferlin Chainago