Kopi, Sehat atau Berbahaya?

0
192

 

Kopi, minuman yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Apalagi di zaman sekarang ini di mana kegiatan “ngopi” sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Banyak sekali perdebatan mengenai kebenaran akan minuman yang satu ini. Apakah benar minuman ini sehat? Atau malah membawa dampak buruk bagi kesehatan kita?

Sejatinya kopi memang memiliki dampak positif, seperti menurunkan resiko penyakit diabetes tipe 2, mencegah depresi dan membuat peminumnya merasa senang,  membantu membakar lemak, meningkatkan memori, dan lain sebagainya.

Namun manfaat ini hanya dapat dinikmati apalagi kopi dikonsumsi dalam batas wajar. Sayangnya, masyarakat masih belum banyak yang tahu berapa sebenarnya batas wajar dalam mengonsumsi kopi. Batas wajar seseorang dalam mengonsumsi kopi berbeda berdasarkan jenis kelamin mereka. Seorang perempuan direkomendasikan untuk mengonsumsi kafein hanya 200 mg seharinya. Sedangkan seorang pria memiliki batasan yang lebih tinggi yaitu sebanyak 400 mg seharinya.

Mengonsumsi kopi secara berlebihan dalam jangka panjang dapat menyebabkan hipertensi, gerd (regurgitasi asam lambung), pendarahan pada lambung, merusak otot-otot jantung, merusak pembuluh darah, dan meningkatkan kemungkinan terkena osteoporosis. Hal ini disebabkan kopi dapat menginduksi substansi-substansi dalam tubuh yang nantinya dapat mengaktifkan saraf simpatis, saraf yang aktif ketika tubuh sedang dalam keadaan tertekan. Keadaan inilah yang secara lambat laun akan merusak sel-sel di dalam tubuh.

Kandungan kafein tidak hanya terdapat dalam segelas kopi saja, namun kafein juga terdapat pada teh, minuman berenergi, soda, dan juga cokelat. Ketidaktahuan akan hal ini lah yang dapat menyebabkan seseorang mengalami keracunan yang lebih dikenal dengan istilah coffee intoxication atau keracunan kafein. Keracunan kafein ini akan mengakibatkan gangguan pada sistem saraf pusat, gangguan pada sistem jantung dan peredaran darah, gangguan pada pencernaan, serta kematian.

Mengonsumsi kopi bukanlah suatu hal yang buruk ataupun membahayakan bagi tubuh jika dikonsumsi dalam porsi normal. Namun perlu diingat, jika dikonsumsi secara berlebihan, tentu pastinya akan berdampak pada kesehatan. Batasilah konsumsi kopi anda menjadi 1 hingga 3 gelas saja per-harinya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.