Genre Musik Populer yang Penggemarnya Mendunia

0
291
Band HIVI. Foto : Kompas/Soelastri Soekirno

Musik merupakan alunan nada, irama, lagu yang memiliki beraneka ragam genre atau bagian-bagian nada yang memiliki karakteristiknya masing-masing yang dibantu dengan alunan beragam alat musik dengan kunci nadanya sehingga menghasilkan irama dan kemudian dipersembahkan kepada masyarakat khalayak sebagai bentuk seni.

Musik sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Banyak orang merasa hampa jika tidak mendengarkan musik dalam satu hari saja. Musik sudah dianggap sebagai hiburan karena keberagaman dan kenikmatan dari senandung alunan musik dapat merelaksasi fikiran manusia dari kepenatan.

Musik juga dapat membantu manusia dalam melakukan berbagai aktifitas seperti olahraga, bekerja, mengerjakan tugas, membaca buku, atau melakukan aktifitas-aktifitas lainnya. Musik memiliki beragam genre sehingga khalayak dapat mudah menemukan karakteristik jenis musik yang mereka sukai. Berikut beberapa genre musik yang sudah popular di dunia.

R&B atau rhythm and blues merupakan genre musik yang sudah go-internasional karena genre ini adalah genre yang popular. Musik bergenre R&B ini merupakan musik yang menggabungkan beberapa genre didalamnya yakni jazz, gospel, dan blues. Awalnya musik ini diperkenalkan oleh pemusik Afrika-Amerika. Pada tahun 1949, dipasarkanlah musik ini dan diberi nama menjadi rhythm and blues. Sekarang musik ini merupakan musik yang paling digemari di seluruh dunia. Penyanyi musik R&B yang memiliki masa kejayaannya pada zaman ini antara lain seperti Frank Ocean, PARTYNEXTDOOR, Daniel Caesar, SZA, Khalid dan Bruno Mars dan tentunya masih banyak lagi!

Pop atau singkatan dari popular merupakan jenis genre musik yang memiliki daya tarik yang luas dan biasanya didistribusikan melalui industri musik. Musik popular ini adalah istilah umum untuk musik segala usia yang menarik bagi selera popular. Lahirnya genre “pop” adalah sebuah genre musik yang diambil dari musik popular yang berasal dalam bentuk modern pada tahun 1950-an, dan musik pop berasal dari rock and roll.

Musik jazz era kini tidak jarang menggunakan alat musik saksofon dan alat tiup lainnya

Pada orde baru, musik pop diterima di Indonesia sehingga kini musik pop sudah makin popular dan memiliki banyak penggemar. Yang pertama kali melahirkan musik pop di Indonesia dan berhasil terkenal hingga kini yaitu Koes Plus yang diluncurkan tahun 1970-an, dan musik pop barat seperti Charles K. Harris.

Musik hip hop adalah musik yang lahir di Amerika pada tahun 1970-an yang merupakan musik dengan menggunakan teknik rap, atau cara berbicara yang dialuni dengan alunan nada yang biasanya disertai dengan musik latar yang ritmis. Pemusik hip hop yang kini terkenal di Indonesia yakni Iwa K, Jamrud, Fade2Black. Sementara pemusik hip hop barat masa kini yang popular seperti Eric B. and Rakim, Dr. Dre.

Jazz adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 yang pada dasarnya terlahir dari Afrika-Eropa. Genre ini termasuk gabungan blues, ragtime, spiritual, tradisional, mars, klasik dan musik dari Afrika Barat. Genre ini biasanya diiringi dengan alat musik tanduk, piano, kinor, bas, drum, gitar, vokal.

Musik jazz era kini tidak jarang menggunakan alat musik saksofon dan alat tiup lainnya. Pemusik jazz yang kini terkenal di Indonesia terutama di  kalangan remaja yakni Tulus, Mocca, Maliq & D’Essentials, White Shoes & The Couples Company serta Billie Holiday dan Benny Goodman dari negara Barat.

Independen

Indie sebenarnya bukanlah sebuah genre. Indie merupakan sebuah kepanjangan dari independen. Dikatakan independent karena musik ini terlahir dari orang-orang atau grup yang memang memiliki bakat dibidang musik dan menciptakan musiknya sendiri, lalu menyebarluaskan atau memasarkan musiknya sendiri. Dan di zaman modern ini, sudah banyak musik-musik indie atau independen (yang lahir dari dirinya sendiri) berhasil dan terkenal di negaranya. Bahkan terkenal ke berbagai negara.

Kini musik indie sudah mendunia, sudah tak asing lagi musik indie di kalangan anak muda zaman sekarang. Karena kesuksesan dan melesatnya pemusik-pemusik independent yang terkenal di dunia, dan orang-orang pun selalu menyebut-menyebut indie sebagai genre. Maka dari itu terlahirlah musik bergenre indie. Pemusik Indie yang sudah mendunia dan terkenal di kalangan remaja antara lain Boy Pablo, PREP, Rex Orange County, Mac Ayres, Chris McClenney. Dari Tanah Air ada Payung Teduh, Senar Senja, Grrrl Gang, Polka Wars dan masih banyak lagi.

Klasik merupakan sebuah genre beralunan nada yang mengarah pada musik kristiani dan musik orkestra. Musik ini berakar dari tradisi kesenian Barat. Notasi musik barat digunakan oleh komponis untuk memberi petunjuk kepada pembawa musik mengenai tinggi nada, kecepatan, metrum, ritme individual, dan pembawaan tepat suatu karya musik. Musik klasik yang hingga kini terkenal dan mendunia yaitu Mass In B Minor – Johann Sebastian Bach, Symphony No. 9 in D minor “Choral” – Ludwig Van Beethoven, Der Ring des Nibelungen – Richard Wagner, Don Giovanni – Wolfgang Amadeus Mozart, dan sebagainya.

Black Brothers

Reggae adalah suatu aliran musik yang awalnya dikembangkan di Jamaika pada akhir era 60-an. Sekalipun kerap digunakan secara luas untuk menyebut hampir segala jenis musik Jamaika, istilah reggae lebih tepatnya merujuk pada gaya musik khusus yang muncul mengikuti perkembangan ska dan rocksteady. Reggae berbasis pada gaya ritmis yang bercirikan aksen pada off-beat atau sinkopasi, yang disebut sebagai skank.

Sekitar tahun 1986 musik reggae mulai terkenal di Indonesia dan pertama kalinya yaitu Black Brothers yang anggotanya berasal dari papua. Beberapa nama musisi yang terkenal dalam dunia musik Reggae dan sub-ragamnya di Indonesia antara lain Imanez, Tony Q Rastafara, Gangstarasta, Steven & Coconut Treez, Souljah, Ras Muhammad, Joni Agung (Bali), Marapu (Yogyakarta), dan Cozy Republic (Jakarta).

Musik rock adalah genre musik populer yang mulai diketahui secara umum pada pertengahan tahun 50-an. Awalnya berasal dari rhythm blues, musik country dari tahun 40 dan 50-an serta berbagai pengaruh lainnya. Selanjutnya, musik rock juga mengambil gaya dari berbagai musik lainnya, termasuk musik rakyat (folk music), jazz dan musik klasik.

Bunyi khas dari musik rock sering berkisar sekitar gitar listrik atau gitar akustik, dan penggunaan back beat yang sangat kentara pada rhythm section dengan gitar bass dan drum, dan kibor seperti organ, piano atau sejak 70-an, synthesizer. Di samping gitar atau kibor, saksofon dan harmonika bergaya blues kadang digunakan sebagai instrumen musik solo. Pemusik Rock yang berhasil mendunia yaitu Gun N’ Roses, Nirvana, Pink Floyd, The Beatles.

Dan ada juga musik bergenre dangdut. Dimana dangdut merupakan sebuah genre kearifan lokal negara Indonesia. Genre dangdut memiliki karakteristik nada yang memiliki unsur dan berkombinasi antara melayu, India, juga Arab. Dangdut sudah  terkenal di Indonesia sejak zaman dahulu. Akhir-akhir ini dangdut bahkan terkenal ke berbagai negara luar seperti Malaysia dan negara-negara Asia lainnya serta Amerika. Pelopor lagu dangdut di Indonesia yaitu datang dari penyanyi bernama Ellya Khadam dengan lagunya yang berjudul “Boneka India” pada tahun 1968.

Nadhira Fashya