Berburu Museum Hits “Instagramble” di Jakarta

0
336
Musium Haluu di Mal Plaza Indonesia, Jakarta

Siapa bilang mengunjungi museum adalah sesuatu hal yang membosankan? Justru kini museum adalah tempat yang dapat digunakan sebagai tempat tujuan berfoto untuk feeds Instagram. Walaupun biasanya museum identik dengan hal-hal yang tua dan membosankan, tetapi nyatanya banyak museum berisi seni yang lucu dan unik sehingga dapat membuat anak muda betah dan ingin mengabadikan momen pada saat di museum.

Bagaimana tidak? Beberapa museum berikut ini memiliki tampilan seni yang kekinian dan berharga untuk dipilih menjadi salah satu destinasi wisata bagi anak muda apalagi untuk kepentingan feeds Instagram. Tidak kalah bagusnya dengan tempat wisata yang berada di ruang terbuka, museum juga dapat menjadi sebagai pilihan untuk mengisi waktu luang ataupun menjadi destinasi liburan. Berikut merupakan museum kekinian yang dapat menjadi referensi untuk mencari spot foto yang terbaik untuk feeds di Instagram

  1. Moza Museum

Bagi millenials yang suka foto-foto dan mengunggahnya di Instagram, museum ini cocok karena memiliki banyak spot yang instagramable. Hanya berjarak 600 meter dari Pondok Indah Mall 2 Jakarta. MoJa singkatan dari Museum of Jakarta. Museum ini berada dalam sebuah rumah klasik di kawasan Pondok Indah.

MoJa Museum mengubah lantai 2 menjadi karya seni yang memiliki ruangan seperti labirin. Desainnya dibuat dengan tren terkini dan terdiri dari beberapa ruangan dengan tema berbeda-beda. MoJa Museum dirancang oleh enam anak muda bertalenta dengan latar belakang bermacam-macam, seperti sejarah seni dan bisnis.

Pengelola merencanakan MoJa Museum akan mengubah tema setiap tiga bulan sekali dan lokasinya bisa saja berpindah dari Pondok Indah. Jadi pastikan Anda tak melewatkan tempat instagramable ini sebelum ketinggalan momen di MoJa Museum

  1. Museum Haluu

 

Haluu berada di Mall Plaza Indonesia, Jakarta. Haluu cocok bagi milenials yang senang foto dan aktif di sosial media. Terdapat 13 spot selfie yang menggemaskan dan memikat mata. Letak instagramable exhibition Haluu di Warehouse, Plaza Indonesia Lt. 5. Harga tiket Haluu cukup terjangkau dan sebanding dengan keunikan dan kelucuan yang ada di dalam museum tersebut.

Museum ini berdasarkan dari mimpi dan setiap section spot foto memiliki arti tersendiri. Jam operasionalnya mengikuti jam mal yaitu 10.00-22.00, namun terakhir masuk pukul 21.30. Tempat itu dibuka 15 Desember 2018 sampai 3 Maret 2019. Jika tidak ingin mengantri lama dan mendapatkan hasil foto yang puas, sebaiknya kunjungi museum tersebut pada pagi hari ketika museum belum terlalu ramai.

3. Museum Playground

Maraknya museum yang “berwarna” membuat anak muda mencari museim yang dapat dijadikan bahan untuk feeds Instagram mereka. Uniknya, museum seni ini ini berbeda dengan museum sebelumnya karena museum ini bernuansa khas supermarket.Ada bagian khas “supermarket” seperti spot foto tumpukan sereal atau kaleng-kaleng sarden yang didesain cantik.

Museum ini agak berbeda dengan museum lainnya karena museum ini mengangkat tema berdasarkan makanan dan minuman sehingga memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan museum lain. Museum ini bisa dinikmati dan dikunjungi hingga 6 Januari 2019 di Lippo Mal Puri, Jakarta Barat.

4. Museum MACAN

Museum yang cocok banget dikunjungi jika kamu sedang mencari spot tertentu, yakni museum MACAN atau kepanjangan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum ini memiliki tempat yang cukup luas sehingga pengunjung dapat mengeksplor spot-spot yang sangat instagramble.

Museum ini telah dibuka sejak tanggal 4 November 2017 dan menampilkan karya seni modern dan kontemporer dari Indonesia dan dunia. Lokasinya berada di Kebon Jeruk Jakarta Barat. Sebelumnya ada pertunjukan Yayoi Kusama yang menunjukkan seni yang colorfull dan dominan polkadot pada museum tersebut. Didatangi oleh lebih dari 350.000 pengunjung sejak November tahun lalu, Museum MACAN telah membuat banyak program ekshibisi yang menarik banyak pengunjung. Disayangkan  pertunjukkan seni oleh Yayoi Kusama telah berakhir pada September lalu. Selanjutnya yang akan datang adalah karya-karya dari Lee Mingwei yang mengusung tema Tujuh Kisah digelar  17 November 2018 – 10 Maret 2019.

5. Museum 3D Art Kota Tua

Museum ini terdiri dari dua lantai yang menampilkan berbagai lukisan 3D. Selain itu ada pula ruangan lain untuk berfoto-foto yang unik seperti “Ames Room”, “Mirror Room”, “Optical Chair” dan masih banyak lagi. Untuk yang mau seru-seruan selain berfoto bisa mencoba ke “Mirror Maze”, pengunjung bisa memasuki labirin yang dikelilingi kaca dan mencoba menemukan jalan keluarnya.

Magic Art 3D Museum Jakarta ini buka setiap hari pukul 10.00-22.00. Harga tiket masuk mulai dari Rp 60.000 untuk dewasa, Rp 40.000 untuk pelajar, dan gratis buat anak usia 4 tahun ke bawah.

Nah tempat diatas sangat instagramble kan? Tidak perlu berliburan di luar ruangan tapi  kita sudah cukup mendapatkan foto yang bagus untuk feeds.  Kalian ingin mengunjungi museum yang mana ?

Winri Quraisha