‘Kompas Visit’: Tips Meliput dan Mengelola Media Sosial Ala Kompas

0
33
Kompas Corner Gen 6 saat berkunjung ke Harian Kompas pada 30 November 2018). (Kompas Corner/Lukita Suharlim)

PALMERAH, KOMPAS CORNER― Kompas Corner Generasi ke-6 mengadakan kunjungan ke Harian Kompas, di Palmerah Jakarta Pusat pada akhir November lalu. Tujuan kunjungan tersebut untuk mendapat informasi seputar kegiatan yang di lakukan oleh pengelola Harian Kompas.

Kegiatan pertama dalam kunjungan ke perusahaan adalah presentasi dan sharing mengenai jurnalisme oleh Wakil Manajar Sosial Media, Didit Putra Erlangga. Didit berbagi pengalaman sewaktu dirinya meliput di lapangan. “Wartawan adalah bagian dari rantai panjang produksi berita,” ucap Didit saat sharing pengalamannya sebagai seorang wartawan.

Didit juga menjelaskan lima tips menjadi jurnalis yang baik dan benar. Tips yang dibagikan adalah: ingin tahu (kepo), disiplin, rendah hati, akrab dengan teknologi dan mempunyai persiapan sebelum liputan. Sebelum mengakhiri presentasinya, Didit membuka sesi tanya jawab.

Konsistensi

Presentasi berikutnya disampaikan oleh Cecilia Gandes, Social Media Copywriter Harian Kompas. Gandes membahas kreativitas dalam media sosial dan konten digital, serta menjelaskan alur kerja departemen media sosial di dalam Harian Kompas. “Konsistensi adalah kunci,” ucap Gandes saat membahas tentang membuat konten.

Gandes berbagi tips untuk memprofil akun dengan baik yaitu dengan observasi akun yang menjadi tolak ukur dan membuat rancangan untuk mengembangkan akun yang akan digunakan.

Gandes juga memberikan informasi bahwa Harian Kompas kini telah membuat Kompas100 CEO Forum. Kompas100 CEO Forum merupakan wadah dialog antara perusahaan, pemerintahan dan masyarakat untuk berbagi informasi dan inspirasi.

Usai presentasi dan tanya-jawab, Kompas Corner Gen 6 mengunjungi kantor Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kompas di lantai 4. Dalam Litbang tersebut terdapat Kompas Data dan perpustakaan.

Kompas Data (KompasData.id) merupakan situs rintisan Pusat Informasi Kompas berisi arsip berita Harian Kompas, dari pertama kali terbit di tahun 1965 sampai saat ini. Kompas Data menjual produk berupa artikel, foto dan poster infografis, serta menjual paket informasi berisi arsip informasi yang telah diolah.

Setelah melihat Kompas Data, anggota Kompas Corner Gen 6 menuju perpustakaan Kompas. Perpustakaan Kompas menyediakan puluhan ribu buku. Perpustakaan Kompas juga menyediakan kumpulan koran Kompas dari terbitan pertama hingga saat ini.

Kompas Croner Gen 6 saat berada di Menara Kompas

Setelah mengunjungi Litbang Kompas, Kompas Corner Gen 6 berkunjung ke Menara Kompas. Menara Kompas memiliki bentuk yang unik karena menyerupai ujung pena. Terdapat tipografi wajah pendiri Kompas, Jakob Oetama dan Petrus Kanisius Ojong di lobi Menara Kompas yang tentunya bagus untuk obyek foto.

Penulis: Kompas Corner / Jacinta Aura Maharani.

Dokumentasi: Kompas Corner / Lukita Suharlim.

Editor: Kompas Corner / Meiska Irena Pramudhita