Kompetisi Bola Basket 2018

0
49
Salah satu pertandingan tim puteri. Foto : Stefanus Renaldo

Surabaya (20/10). Kompetisi Bola Basket 2018, merupakan even yang diadakan tiap setahun sekali ini dan merupakan event pertandingan basket mahasiswa berskala nasional. Dilihat dari asal usulnya, acara ini sudah berlangsung dari tahun 2013.

Walaupun sebenarnya beberapa tahun belakang sempat vakum, namun pada tahun 2017 kemarin mereka kembali lagi dengan konsep pertandingan yang baru dan lebih menarik.  Surabaya menjadi kota pertama yang mendapat kehormatan menjadi tuan rumah even LA Campus League. Dari sinilah kemudian event ini merambah ke kota-kota lainnya di Indonesia. Even tersebut mendapat dukungan penuh dari Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) di setiap kota, serta mendapat kepercayaan di banyak perguruan tinggi.

Kompetisi LA Campus League berkonsep sportainment, yaitu laga pertandingan ini bukan hanya diisi perlombaan basket saja, namun juga ada permainan dan gerai-gerai

Tahun ini, Kompetisi Bola Basket 2018 kembali diadakan 12-20 Oktober lalu di Ubaya Sport Center Surabaya. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, even LA Campus League menggunakan format pertandingan dengan sistem regular season. Sistem itu adalah setiap jawara dalam setiap babak akan di tandingkan kembali pada babak playoff. Kompetisi LA Campus League berkonsep sportainment, yaitu laga pertandingan ini bukan hanya diisi perlombaan basket saja, namun juga ada permainan dan gerai-gerai yang menarik perhatian.

Hanya even LA Campus League saja yang memperlombakan olah raga basket sampai ke tingkat perguruan tinggi. Karena memang pada umumya perlombaan olah raga ini hanya untuk kalangan SMP dan SMA, mahasiswa sendiri hanya berfokus pada tugas dan kegiatan kampus. “Ke depan saya berharap bisa merambah ke kota-kota kecil jadi ya biar mereka ikut berpartisipasi gitu” kata Aditya dari pihak panitia LA Campus League.

Pertandingan terakhir kemarin mempertemukan tim basket putera Universitas Surabaya (Ubaya) Vs Universitas Airlangga (Unair) dengan hasil akhir 58 – 46 yang dimenangkan oleh Ubaya. Untuk tim basket putri, Universitas Surabaya Vs Universitas Airlangga berakhir dengan skor 71 – 46, dimenangkan oleh Ubaya.

Penutupan acara berlangsung seru terutama bagi Universitas Airlangga yang berhasil menyandang gelar runner up baik untuk tim putri maupun putra. Pada kesempatan itu, ada pemberian penghargaan kepada pemain dengan nilai terbaik disebut MVP (Most Valuble Player) Boys diberikan kepada Habib Tito Aji (Ubaya), sedangkan MVP Girls diraih Christine Aldora Tjundawan.

Theresia Belinda