Mengulik “Mantra-Mantra” Kunto Aji

0
42
Kunto Aji saat "Meet & Greet" di Synchronize Festival 2018.

Sabtu (6/10), Kunto Aji (31) bertandang ke Booth Kompas Gramedia di Synchronize Festival 2018. Selepas manggung di District Stage, Aji dijadwalkan masuk ke Booth Kompas Gramedia untuk melangsungkan “Meet & Greet” bersama para penggemarnya.

Sejak pukul 19.45, penggemar Kunto Aji sudah memadati area “Meet & Greet”. Salah satunya, Ameera (17). Cewek tersebut bercerita bahwa ini adalah “Meet & Greet” kedua yang ia ikuti di Booth Kompas Gramedia. Ia mengaku sangat menggemari Kunto Aji, sehingga begitu antusias untuk mengikuti acara itu. Bahkan, ada pula beberapa orang cowok yang rela menemani pacarnya bertemu dengan idolanya.

Setelah beberapa lama menunggu, Kunto Aji pun hadir. Banyak kaum hawa yang langsung antusias dan mengajak Aji untuk ber-swafoto. Pelantun “Terlalu Lama Sendiri” itu bahkan terlihat agak kewalahan. Namun, ia justru mengaku senang walau agak kecapekan.

“Wah, makasih ya sudah pada antusias. Pada nonton saya manggung enggak tadi?” tanya Aji kepada para penggemarnya. “Nonton dong!” jawab para penggemarnya tak kalah antusias.

Aji sendiri sangat ramah dan mau berbagi cerita asyiknya. Ternyata dia sendiri baru pertama kali manggung di Synchronize Festival. Mungkin karena faktor itu ia mengaku agak grogi dan juga “merinding” ketika penggemarnya bersama-sama menyanyikan lagu “Rehat” bersama dirinya kala berada di atas panggung.

lelaki berambut keriting itu merasa senang tatkala tahu penggemarnya hafal lagu berjudul “Rehat”. Apalagi lagu itu menyoroti isu kesehatan mental yang begitu penting. “Lagu ini sangat dalam buat saya. Apalagi lirik nya begitu dalam” jelas Aji. Matanya terlihat sedikit berkaca-kaca.

Aji pun menjelaskan latar belakang pembuatan album Mantra-Mantra. Mulai dari proses creative-writing, hingga proses produksi album tersebut. Seorang penggemar bertanya pada Aji, apa inspirasinya kala menulis lagu-lagu di album tersebut. Aji menjawab,  “Cerita penggemar,”. Wah, menarik ya..

Acara yang disiarkan secara langsung di Instagram Kompas Gramedia ini turut mengizinkan penggemar untuk bertanya secara interaktif. Seorang penggemar melalui akun, @yossigeta, bertanya: “bagaimana caranya bisa bernyanyi dengan gaya kita sendiri seperti yang kakak lakukan?”

Penyanyi asal Yogyakarta itu menjawab pertanyaan tersebut dengan satu tips yang asyik dan menarik. Menurut dia, menjadi seorang penyanyi yang punya karakter khas, membutuhkan latihan yang giat dan konsistensi serta percaya diri.

Kunto Aji menutup wawancara itu dengan harapan penggemarnya bisa menikmati album barunya, Mantra-Mantra. Ia juga ingin, lagu dalam album barunya itu bisa menginspirasi banyak orang.

 

Gracello Yeshua, magangers Kompas Muda Harian Kompas Batch IX yang masih kuliah di Universitas Indonesia