Moshing Anti Ricuh di Gigs Stage

0
39
Suasana "ricuh" di Gigs stage arena Synchronize 2018

Synchronize Festival 2018 kembali digelar untuk kali ke-3 nya di Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat. Selama 3 hari, mulai dari tanggal 5 hingga 7 Oktober, kolaborasi Dyandra Promosindo dan demajors ini berhasil menggaet puluhan ribu penonton untuk menyaksikan festival musik multi genre yang menghadirkan 118 penampil musik dari era 70-an hingga 2000-an yang tentunya keren dan catchy banget. Deretan penampil itu misalnya Barasuara, NAIF, Endank Soekamti, HiVi, Sheila on 7 dan musisi keren lainnya. Berbagai genre musik tersedia mulai dari folk, rock, pop hingga dangdut.

Tahun ini Syncfest menambah 1 stage yaitu XYZ Stage. Memiliki 6 stage berbeda dari mulai Dynamic Stage, Lake stage, Forest stage, District stage, Gigs stage dan XYZ membuat para penikmat musik bebas memilih stage musik yang siap mereka nikmati.

Dekorasi stage tahun ini juga lebih menarik terutama oleh kehadiran Gigs stage. Seluruh ruangan dilapisi pelapis perak serta dekorasi ruang angkasa seperti pesawat alien membuat penonton merasa seperti di luar angkasa dengan gemerlap bintang dari sinar lampu sorot. Para musisi yang tampil di stage ini Sunmantra, Damascus, Peonies, Murphy Radio dan tak ketinggalan, GRRRL GANG.

Di hari kedua (6/10), GRRRL GANG benar-benar dinantikan oleh penikmat musiknya. Sebelum GRRRL GANG tampil, pintu Gigs stage sudah dipenuhi barisan orang yang menunggu pintu dibuka. Setelah masuk, penonton mendapat sajian dekorasi ruangan yang menarik dan unik.

Band Indie-rock asal Yogyakarta itu beranggotakan tiga orang, Angeeta Sentana (vokal/gitar), Edo Alventa (gitar), Akbar Rumandung (bass). Meski termasuk baru di kancah musik Indonesia, GRRRL GANG berhasil membuat penikmat musik indie jatuh cinta dan menyukai lagu – lagu mereka. Berawal dari keisengan mereka membuat band di tahun 2016, saat ini tiga anak muda tersebut sudah berhasil mengeluarkan album Stop This Madness di tahun 2017.

“Summertime is ending now, but I’d still like to see that smile. You once had” begitulah penggalan lirik dari lagu Bathroom yang ikut dinyanyikan penonton. Dengan iringan musik yang pas penoton tidak sadar bahwa lirik lagu ini diulang hingga 4 kali. Band ini mengekspresikan perasaan remaja dalam lirik lagu dan pembawaannya.

 

Dengan iringan musik yang menghentak di lagu “Trills” para penonton yang kebanyakan laki – laki langsung moshing dilanjutkan dengan crowd surving. Penonton terlihat berjoget menikmati lagu yang diamainkan mulai dari “Thrills”, “Bathroom” dan “Just a Game” dengan tertib.

Malam itu, GRRRL GANG totalitas dalam mengembangkan penampilannya dan mereka juga berinteraksi dengan para penonton. Lucunya, sang vokalis berbicara menggunakan Bahasa Inggris dan dibalas dengan Bahasa Jawa oleh penonton yang tidak mengerti artinya.

Faizah Diena